Asia Pasifik

Pemadaman listrik di reaktor nuklir Fukushima diduga akibat tikus

Kamis,  21 Maret 2013  −  23:37 WIB
Pemadaman listrik di reaktor nuklir Fukushima diduga akibat tikus
Bangkai tikus yang diduga jadi penyebab pemadaman listrik di reaktor nuklir Fukushima

Sindonews.com – Pengelola reaktor nuklir Fukusihima, Power Company Tokyo Electric (TEPCO) menduga, pemadaman listrik yang menimpa reaktor itu kemungkinan disebabkan oleh tikus.
 
"Kami menduga, hewan kecil mungkin telah menyebabkan hubungan pendek-dalam switch board yang mengakibatkan pemadaman dan melumpuhkan sistem pendingin untuk kolam bahan bakar yang digunakan,” jelas juru bicara TEPCO, Kamis (21/3/2013), seperti dikutip dari GlobalPost.
 
"Kita tidak bisa tahu persis apa itu, tetapi dapat mengatakan apa yang kita lihat di TKP adalah tubuh hewan yang mati di bawah switch board," lanjutnya. "Dalam investigasi kami, kami akan berkonsentrasi untuk mendapatkan jaminan, bahwa itu pasti hewan ini yang menyebabkan hubungan arus pendek," tambah pernyataan itu.
 
Sebuah foto yang dirilis TEPCO menunjukkan makhluk yang tampaknya seperti tikus, dengan panjang tubuh sekitar 15 cm.
 
Insiden padamnya listrik di reaktor nuklir Fukushima mengingatkan kembali akan kondisi genting di komplek reaktor nuklir itu dua tahun lalu, setelah gelombang tsunami melanda wilayah tersebut. Gelombang tsunami memicu kebocoran di tiga reaktor, memuntahkan radiasi ke tanah dan laut, serta memaksa puluhan ribu orang mengungsi.


(esn)

views: 684x
shadow