Asia Pasifik

China kecam komentar Abe di Washington Post

Jum'at,  22 Februari 2013  −  17:42 WIB
China kecam komentar Abe di Washington Post
PM Jepang Shinzo Abe

Sindonews.com – China mengecam komentar Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe dalam sebuah wawancara dengan harian Amerika Serikat (AS) Washington Post.
 
Dalam wawancara yang dilakukan pada Kamis 21 Februari itu, Abe menyatakan bahwa China memiliki perdebatan yang "mendarah daging" dengan Jepang dan negara tetangga Asia lainnya soal batas wilayah.
 
Dalam wawancara itu, Abe juga menyatakan, sikap konfrontatif China pada akhirnya akan merugikan ekonomi dan menakuti investor asing. "Perilaku tersebut akan memiliki efek pada kegiatan ekonomi mereka. Dalam kasus China, mengejar patriotisme (setara dengan) ajaran sentimen anti-Jepang," uar Abe.
 
Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China, Hong Lei mengatakan, bahwa China tercengang dengan laporan itu. "Sangat jarang, bahwa seorang pemimpin negara berani melakukan distorsi fakta, menyerang tetangganya, dan menghasut konfrontasi antara negara-negara di kawasan itu," jelas Lei, seperti dikutip dari Xinhua, Jumat (22/2/2013).
 
Menurut Lei, China menuntut klarifikasi dan penjelasan atas komentar Abe itu. Hingga kini, Jepang dan China memang masih terlibat sengketa atas Kepualauan Senkaku/Diaoyu di Laut China Timur. Kedua negara sama-sama mengaku berhak atas kepemilikan kepulauan tak berpenghuni itu.
 
Abe sendiri saat ini tengah berada di Washington untuk bertemu dengan Presiden AS, Barack Obama. Abe dijadwalkan melakukan kunjungan hingga Sabtu 23 Februari. Selama di AS, Abe akan melakukan pembicaraan dengan Obama seputar sejumlah isu sensitif.


(esn)

views: 750x
shadow