Apakah ini tengkorak Raja Richard III ?

Senin, 04 Februari 2013 - 17:56 WIB
Apakah ini tengkorak Raja Richard III ?
Apakah ini tengkorak Raja Richard III ?
A A A
Sindonews.com - Arkeolog Inggris yang melakukan perburuan sisa kerangka Raja Inggris, Richard III, membuat penemuan besar, Senin (4/2/2013). Mereka memamerkan foto yang menunjukkan sebuah bekas luka pada sebuah kerangka yang diduga milik Richard III.

Kerangka tersebut digali September 2012 lalu dari tempat parkir mobil di pusat kota Leicester, Inggris yang diyakini sebagai lokasi makamnya yang hilang. Dugaan tersebut didasarkan adanya persamaan penemuan sebuah lubang yang terdapat pada tengkorak tersebut dengan deskripsi Richard III yang tewas dalam pertempuran Bosworth pada 1485 di usia 32 tahun ini.

Arkeolog menemukan bekas luka dan mata panah melengkung di belakang tengkorak kepala akibat lemparan mata panah. Kabarnya, setelah tewas jasad Raja Richard III dikubur di sebuah gereja di Leicester. Namun, lokasi gereja itu hilang setelah dirobohkan pada 1530 silam.

Berdasarkan foto yang rilis oleh Universitas Leicester, kerangka yang diduga milik Richard III itu terawat dengan baik sebab semua giginya masih utuh.

’’Meski rapuh, tengkorak tersebut ditemukan dalam kondisi yang baik. Itupun mampu memberikan informas detail tentang siapa individu yang memiliki rangka ini," ungkap Jo Appleby, seperti dilansir the star.

“Guna memastikan kerangka ini benar milik Richard III, kami harus membangun profil biologi dari karakteristiknya. Dengan sangat berhati-hati kami menguji kerangka ini guna untuk melacak jejak kematian tragisnya,” lanjut Jo Appleby.

Ilmuwan akan melakukan pengujian tes DNA dengan sampel kerangka yang ditemukan dengan mengaitkan DNA Richard III dengan kerabat jauhnya, Michael Ibsen (55). Tukang kayu yang tinggal di London yang kabarnya adalah generasi ke-17 keponakan Raja Richard III.

Jika hasil uji tes DNA yang membuktikan kerangka tersebut adalah milik Richard III, maka berakhir sudah perburuan raja Inggris yang mulai memerintah dari tahun 1483 ini.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3876 seconds (0.1#10.140)