Asia Pasifik

Kapal perang China masuk perairan Laut China Selatan

Jum'at,  1 Februari 2013  −  23:16 WIB
Kapal perang China masuk perairan Laut China Selatan
Kapal perang China

Sindonews.com - Sebuah armada Angkatan Laut (AL) Tentara Pembebasan Rakyat China (PLA) telah memasuki wilayah perairan negara itu di Laut China Selatan untuk misi patroli dan pelatihan. Demikian diungkapkan sumber-sumber militer China, Jumat (1/2/2013), seperti dikutip dari Xinhua.

Armada ini terdiri dari kapal peluncur rudal Qingdao dan dua fregat, Yantai dan Yancheng. Armada ini memasuki perairan Laut China Selatan pada pukul 11:40 siang waktu setempat, setelah menempuh perjalanan sekitar lima jam untuk melewati Selat Bashi.

Terletak antara Taiwan dan Pulau Luzon milik Filipina, Selat Bashi merupakan jalur laut internasional yang menghubungkan Laut China Selatan dan Samudera Pasifik.

Menurut sumber di AL China, tiga kapal itu berasal dari armada Utara AL PLA dan dijadwalkan untuk melaksanakan misi patroli dan berbagai jenis latihan perang di Laut China Selatan selama beberapa hari ke depan.

Armada AL China itu berangkat dari Qingdao di sebelah timur China pada Selasa 29 Januari untuk mengikuti misi latihan dan patroli di perairan teritorial negara itu. Sejauh ini, armada itu telah berlayar lebih dari 1.200 mil laut.


(esn)

views: 2.193x
shadow