Asia Pasifik

Parade militer, India pamerkan rudal balistik Agni-5

Minggu,  27 Januari 2013  −  19:42 WIB
Parade militer, India pamerkan rudal balistik Agni-5
Agni 5 (tribune.com.pk)

Sindonews.com - India secara resmi memerkan kepada publik rudal balistik rudal jarak jauh Agni-5 dalam sebuah parade militer di New Delhi, India, Sabtu (26/1/2013).
 
Parade rudal balistik produksi dalam negeri itu ikut diramaikan dengan penampilan sejumlah tank militer dan kendaraan bersenjata lain. Tak ketinggalan, Angkatan Udara India juga melakukan atraksi dengan menggunakan jet tempur dalam sebuah formasi.
 
Acara besar itu dihadiri Perdana Menteri India Manmohan Singh dan sejumlah petinggi militer India.
 
Agni-5 adalah rudal barlistik jarak jauh yang mampu membidik sasaran dikisaran 5.000 km (3.000 mil). Rudal yang mampu menjangkau seluruh wilayah Asia ini diharapkan akan beroperasi pada 2014-2015.
 
Tidak hanya itu, kepala rudal tersebut juga mampu membawa hulu ledak nuklir. Ke depan, India juga kembali mengembangkan nuklir Agni-6.
 
Sejumlah analis militer mengatakan, India sedang giat memodernisasi kapabilitas angkatan bersenjatanya, karena pengaruh kemajuan kapabilitas militer China. Seperti diketahui, saat ini China tengah meningkatkan kekuatan militernya di Samudera Hindia, rute transportasi utama untuk minyak yang dikirim dari Timur Tengah.


(esn)

views: 2.359x
Bagikan artikel ini :
shadow