Asia Pasifik

Anggota Pasukan Khusus AS tewas di Afghanistan

Senin,  10 Desember 2012  −  16:12 WIB
Anggota Pasukan Khusus AS tewas di Afghanistan
Ilustrasi

Sindonews.com - Seorang anggota Pasukan Khusus Amerika Serikat (AS) tewas dalam misi penyelamatan di Afghanistan, Minggu (9/12/2012). “Misi ini bertujuan untuk membebaskan seorang dokter AS yang diculik oleh Taliban,” kata sebuah pernyataan Gedung Putih, seperti dikutip dari the star.

"Pasukan khusus kami di Afghanistan hendak menyelamatkan warga negara AS dalam sebuah misi. Ini adalah karakteristik dari keberanian yang luar biasa, keahlian dan patriotisme yang ditunjukan pasukan kami setiap hari," lanjut pernyataan Gedung Putih.

"Tragisnya, kami kehilangan salah satu anggota Pasukan Khusus kami dalam upaya penyelamatan kali ini. Kami turut berduka untuk keluarganya. Kami harus selalu menghormati tentara dan keluarga mereka," ungkap pernyataan tersebut.

Menurut pejabat pasukan NATO di Afghanistan, Dr. Dilip Joseph, warga negara AS yang diselamatkan itu, diculik pada  Rabu 5 Desember, di Distrik Sarobi, Provinsi Kabul, Afghanistan. Tidak diketahui bagaimana anggota tim Pasukan Khusus AS itu tewas atau ada korban lain yang terluka dalam misi penyelamatan tersebut.

Jenderal AS John Allen, komandan NATO, yang dipimpin pasukan asing di Afghanistan, mengatakan, ia memerintahkan misi di Timur Afghanistan ketika badan intelijen memberi tahu bahwa Joseph sedang "dalam bahaya cedera atau meninggal."

"Para operator Pasukan Khusus yang melakukan razia ini tahu, bahwa mereka meletakkan hidup mereka pada baris untuk membebaskan sesama warga AS dari cengkeraman musuh," kata Menteri Pertahanan Leon Panetta dalam sebuah pernyataan yang dirilis oleh Pentagon.

"Mereka mendahulukan keselamatan warga AS, dibanding keselamatan mereka sendiri, seperti yang dilakukan para prajurit pemberani kita setiap hari dan setiap malam," lanjut Panetta.


(esn)

views: 1.201x
shadow