Eropa

Inggris tak setuju aksi militer ke Iran

Sabtu,  27 Oktober 2012  −  09:02 WIB
Inggris tak setuju aksi militer ke Iran
Program Nuklir Iran (muftah.org)

Sindonews.com – Pemerintah Inggris mengaku, saat ini aksi militer ke Iran bukanlah tindakan yang tepat. Seperti dikutip dari Iol.co.za, Jumat (26/10/201), Inggris masih memandang jalur diplomasi sebagai jalan terbaik untuk membahas masalah kekhawatiran soal program nuklir Iran.

"Pemerintah tidak percaya aksi militer terhadap Iran adalah tindakan yang tepat pada saat ini. Meski tak ada lagi pilihan lain di atas meja perundingan,” kata Juru Bicara Perdana Menteri Inggris, David Cameron.

Cameron dan diplomat Barat percaya, sanksi keras yang dikenakan terhadap Iran oleh dunia Barat mulai melemahkan tekad Teheran.

Inggris masih menganggap, pengetatan sanksi bagi Iran akan membawa dampak positif pada kontrol program nuklir negara itu. "Kami ingin melihat dampak dari sanksi yang diberlakukan dan juga terlibat dengan Iran," katanya.
   
Media massa Inggris melaporkan, Pemerintah Inggris telah menolak rencana Amerika Serikat (AS) untuk menggunakan pangkalan Inggris guna mendukung penguatan pasukan di kawasan teluk.

Hingga kini, negara Barat masih meyakini kalau Iran akan memanfaatkan program nuklirnya untuk meningkatkan kemampuan senjata nuklir. Sementara Iran sendiri mengatakan, program nuklir itu adalah murni untuk kepentingan sipil.


(esn)

views: 1.206x
shadow