Amerika

Kapal perang dan kapal selam nuklir AS bertabrakan

Minggu,  14 Oktober 2012  −  18:57 WIB
Kapal perang dan kapal selam nuklir AS bertabrakan
USS San Jacinto & USS Montpelier

Sindonews.com – Kecanggihan teknologi bukan jaminan terhindar dari bencana. Seperti yang terjadi pada dua kapal perang milik Amerika Serikat (AS). Seperti diwartakan BBC.co.uk, Minggu (14/10/2012), kapal penjelajah USS San Jacinto bertabrakan dengan kapal selam bertenaga nuklir USS Montpelier.

Tabrakan yang terjadi di Pantai Timur AS, namun tak disebutkan lokasi pastinya ini, terjadi saat kedua kapal tengah melakukan latihan rutin, Sabtu (13/10/2012) sore waktu setempat. Dilaporkan, tak ada korban jiwa dalam insiden ini.

Hanya muncul sebuah kerusakan ringan di badan kapal  USS San Jacinto. "Tabrakan itu merusak kubah sonar dari perangkat USS San Jacinto . Perangkat ini berbentuk bulat dan berada di haluan kapal, di bawah garis air," kata seorang pejabat Angkatan Laut AS.

Seorang pejabat Angkatan Laut lainnya, mengatakan, bahwa awak USS San Jacinto melihat kenaikan sebuah periskop kapal selam dari jarak 100 hingga 200 meter saat latihan berlangsung. Komandan USS San Jacinto sudah memerintahkan kapal untuk memutar haluan, namun tabrakan tetap tak bisa dihindari.

Pihak berwenang mengatakan, bahwa tingkat kerusakan kedua kapal sedang dinilai. Namun, tidak ada kerusakan berarti pada USS Montpelier yang  bertenaga nuklir. Kedua kapal itu berbasis di Norfolk, Virginia.


(esn)

views: 1.705x
shadow