Jagad Jungkir Balik

Yesus menikah?

Rabu,  19 September 2012  −  14:58 WIB
Yesus menikah?
Karen King dan manuskrip 8cm X 4cm (nytimes.com)

Sindonews.com - Secarik manuskrip berukuran 8x4 cm nampaknya akan kembali menyulut api perdebatan di kalangan peneliti dan umat Kristen. Secarik manuskrip ini menyebutkan Yesus dari Nazareth pernah menikah.
 
Profesor Karen King, seorang Hollis Profesor of Divinity di Harvard Divinity School di Cambridge, Massachusetts, mencoba menyodorkan sebuah bukti pertama bahwa sejumlah orang Kristen percaya Yesus pernah menikah.
 
Profesor yang mampu membaca naskah Koptik kuno, hari ini mempresentasikan hasil temuannya yang telah melalu serangkain tes dan penelitian untuk menguji keaslian fragmen yang ditulis pada masa Koptik Mesir kuno itu dalam Konferensi Internasional Koptik di Roma.
 
Dalam manuskrip tersebut tertulis ”Yesus berkata kepada mereka [para murid-Nya], istri saya …”. yang diyakini King adalah Maria Magdalena.
 
Kalimat Yesus berikutnya yang terlihat seperti kalimat pembelaan untuk menentang kritik berbunyi, “Dia akan dapat menjadi murid-Ku. Dua baris kemudian mengatakan, "Saya tingal dengan dia."
 
Seperti dilansir dailymail, Rabu (19/9/2012), King mengungkapkan kepada majalah Smithsonian tulisan dalam fragmen tersebut meragukan klaim yang selama ini diyakini oleh Katolik bahwa Yesus tidak menikah.
 
Profesor King mengatakan fragmen tersebut bukanlah dokumen biografi. Fragmen tersebut mungkin disusun pada masa Yunani atau setelah masa Penyaliban yang kemudian diterjemahkan ke dalam Koptik.
 
King menegaskan fragmen ini belum bisa dijadikan sebagai alat untuk memastikan Yesus telah menikah secara historis. Dia akan melakukan pemeriksan lanjutan dan sejumlah uji tambahan pada fragmen yang diyakini milik seorang kolektor pribadi.


(aww)

views: 2.293x
shadow