Jagad Jungkir Balik

Panda raksasa Kai Kai & Jia Jia "berimigrasi" ke Singapura

Kamis,  6 September 2012  −  15:25 WIB
Panda raksasa Kai Kai & Jia Jia berimigrasi ke Singapura
Panda raksa Kai Kai dan Jia Jia. (Channel News Asia)

Sindonews.com - Singapura akhirnya kedatangan tamu istimewa. Dua panda raksasa yang begitu terkenal di Dunia, Kai Kai dan Jia Jia, resmi mendarat dari Chengdu, China, Kamis pagi waktu setempat.

Kedua panda ini berada di Singapura dalam rangka menandai hubungan kedua negara selama dua dekade. Kedua hewan gempal nan menggemaskan ini dipinjamkan dari empunya, China, untuk tinggal selama 10 tahun di Singapura.

Menurut Channel NewsAsia (CNA), Kai Kai dan Jia Jia diterbangkan dengan pesawat kargo Singapore Airlines Boeing 747, pukul 03.45 pagi waktu setempat, Kamis (6/9/2012).

Setelah terbang selama 4,5 jam, mereka tiba di Bandara Singapura Changi pukul 08.20 pagi waktu setempat.

Selama berada di dalam pesawat, kedua panda ini selalu dalam pengawasan yang intensif. Keduanya dijaga ketat lima penjaga dan dokter hewan dari China dan Singapura, untuk memastikan keduanya dalam kondisi bagus.

Tak hanya itu, segala sesuatunya di dalam pesawat pun dipersiapkan dengan maksimal. Suhu kabin dinyalakan antara 18 sampai 22 derajat celsius, konsisten dengan habitat asli mereka di Sichuan, Cina. Lalu ada juga pasokan buah-buahan, air dan sekitar 90 Kg bambu untuk makanan panda.

Petugas Penjaga Margasatwa Singapura juga membawa bambu dari Guangzhou, untuk berjaga-jaga jika panda perlu waktu untuk menyesuaikan diri dengan rasa bambu lokal di Singapura.

“Singapore Airlines sangat senang telah menerbangkan Kai Kai dan Jia Jia ke  Singapore,” terang CEO Singapore Airlines, Goh Choon Phong.


(hyk)

views: 1.684x
shadow