Kapal pengangkut Firaun ditemukan

Kamis, 26 Juli 2012 - 14:55 WIB
Kapal pengangkut Firaun ditemukan
Kapal pengangkut Firaun ditemukan
A A A
Sindonews.com – Sebuah kelompok arkeolog yang bekerja di Institut Arkeologi Oriental Prancis (Institut français d'archéologie orientale/IFAO) berhasil menemukan sebuah bangkai kapal sepanjang 6 meter (m) dengan lebar 1,5 m.

Kapal kuno itu diperkirakan tersimpan di dasar tanah selama 5.000 tahundi Mesir. Kapal kuno tersebut merupakan salah satu kapal terbesar, tertua dan terbaik yang pernah diawetkan secara utuh.

Menteri Barang Antik Mesir, Mohammed Ibrahim mengatakan, bangkai kapal tersebut ditemukan di Abu Rawash, bagian barat Kairo dalam kondisi yang baik. Saat ini, bagian kayu kapal masih dalam tahap renovasi. Setelah bentuknya terlihat jelas, kapal kuno yang antik tersebut akan di pamerkan di Museum Nasional di Mesir.

"Bangkai kapal ini berasal dari era Firaun, raja dinasti Mesir pertama," ungkap Ibrahim, seperti diberitakan Dailymail, Kamis (26/7/2012).

Konon, dulu kala Firaun maupun para raja Mesir memiliki kepercayaan untuk mengubur kapal berukuran cukup besar di dekat makam mereka. Raja tersebut meyakini kapal ini nantinya akan mengangkut jasad yang telah meninggal menuju akhirat untuk bertemu dengan Dewa Matahari atau Dewa Ra.

IFAO mulai melakukan penggalian di Abu Rawash sejak awal 1900-an. Pada 1954 seorang arkeolog Mesir menemukan sebuah kapal sepanjang 43 m. Kapal yang diyakini milik Firaun itu terbuat dari kayu cemara. Kapal ini terkubur di dalam Piramid Giza.
()
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2901 seconds (0.1#10.140)