Kalimantan & Sulawesi

Kloter 1 jemaah haji asal Bone diberangkatkan

Andi Ilham

Rabu,  25 September 2013  −  15:20 WIB
Kloter 1 jemaah haji asal Bone diberangkatkan
Ilustrasi (Dok Sindonews)

Sindonews.com - Sebanyak 173 calon jemaah haji asal Kabupaten Bone yang terdaftar dalam kloter I terdiri dari 47 jemaah haji laki-laki dan 126 jemaah haji perempuan diberangkatkan hari ini.

Mereka diberangkatkan dari gedung Islamic Centre dan dilepas langsung oleh Wakil Bupati Bone, Ambo Dalle, sekira pukul 08.00 Wita, Rabu (25/9/2013).

Berdasarkan data yang dihimpun, jumlah keseluruhan total CHJ asal Bone 597 orang yang dibagi dalam 3 kloter selanjutnya yakni keloter II dijadwalkan berangkat (8/9) sebanyak 370 dan kloter III pada tanggal 7 Oktober 54 orang.

Kepala Seksi Penyelenggara Jemaah Haji dan Umroh, HM Yunus, mengatakan diantara jemaah haji yang diberangkatkan dari kloter I kali ini terdapat satu jemaah yang batal berangkat karena menderita sakit. Jemaah tersebut berasal dari Kecamatan Awangpone.

Sementara secara keseluruhan dari jemaah yang dibagi dalam 3 kloter tersebut empat jemaah dipastikan batal berangkat, dua diantaranya sakit dan dua lainnya meninggal dunia.

"Keseluruhan jemaah yang berangkat 597 orang, empat orang dinyatakan batal karena meninggal dua orang dan dua sakit. Dan keberangkatan jemaah haji ini akan bergabung dengan CHJ di kloter 18 Makassar," tutur Yunus kepada SINDO.

Untuk pelayanan kesehatan selama perjalanan ke Makassar, panitia penyelenggara menyiapkan tim medis yang terdiri empat orang dari Dinas Kesehatan Bone, yaitu satu orang koordinator tim, satu orang dokter, satu orang perawat dan satu orang tenaga medis alias perawat. Tim medis tersebut akan mendampingi para jemaah sampai di asrama haji Sudiang Makassar.

"Kita hanya melayani para jemaah sampai di Sudiang, setelah mereka berangkat akan di layani tim medis berikutnya", ujar Abdullah, selaku koordinator tim.

 

(rsa)

shadow