Afrika

Pasukan Nigeria bunuh 50 militan Boko Haram

Muhaimin

Sabtu,  7 September 2013  −  15:58 WIB
Pasukan Nigeria bunuh 50 militan Boko Haram
Tentara Nigeria yang ditugaskan memberangus militan Boko Haram (Reuters)

Sindonews.com - Tentara Nigeria, mengklaim telah membunuh 50 anggota dari kelompok militan Boko Haram di wilayah timur laut negara itu. Demikian disampaikan seorang juru bicara militer Nigeria, pada Sabtu (7/9/2013).
 
Unit tentara Nigeria sudah disiagakan sebelumnya, dan dalam operasinya telah menewaskan 20 orang militan Boko Haram, dalam dua serangan pada Rabu dan Kamis lalu. Pemerintah menyebut, kelompok militan itu sebagai teroris.
 
”Pasukan mengejar teroris ke kamp mereka dan dengan pasukan Angkatan Udara. Sekitar 50 teroris tewas dalam baku tembak,” kata juru bicara militer Nigeria, Sagir Musa kepada wartawan, di Maiduguri, seperti dikutip Reuters.
 
Kelompok Boko Haram ingin memberlakukan hukum syariah di utara Nigeria bersama kelompok-kelompok militan lain. Berbagai kelompok militan itu, selama ini menjadi ancaman terhadap stabilitas di Nigeria yang merupakan eksportir minyak terbesar Afrika.
 
Lebih dari 160 orang telah tewas dalam kekerasan terkait dengan kelompok Boko Haram pada bulan lalu. Insiden itu, dianggap yang terburuk, sejak Presiden Goodluck Jonathan mengumumkan keadaan darurat, dan memberikan mandat kepada militer untuk bertindak keras.

 

(esn)

shadow