Asia Pasifik

36 WNI korban kapal tenggelam di Malaysia belum ditemukan

Muhaimin

Senin,  5 Agustus 2013  −  11:27 WIB
36 WNI korban kapal tenggelam di Malaysia belum ditemukan

Sindonews.com – Tim penyelamat Malaysia (MMEA), pada Senin (5/8/2013), menemukan jasad keempat, dari 40 warga negara Indonesia (WNI) yang hilang di laut Malaysia, setelah kapal yang mereka tumpangi tenggelam, akhir pekan lalu. Dengan demikian, masih ada 36 WNI yang hilang dalam kecelakaan kapal itu.

Kapal pembawa 44 WNI yang diduga imigran gelap, tenggelam saat perjalanan menuju pulau Batam, Indonesia, akhir pekan lalu. Sesaat setelah kecelakaan terjadi, nelayan dan petugas maritim Malaysia berhasil menyelamatkan empat penumpang. Sisanya, dinyatakan hilang. Puluhan WNI itu diduga pulang ke Tanah Air untuk merayakan Lebaran.

Asharudin Che Ami, seorang pejabat di Badan Penegakan Maritim Malaysia, seperti dikutip MSN News, Senin (5/8/2013), mengatakan, pencarian korban kemungkinan akan dihentikan pada Selasa (6/8/2013) besok, setelah petugas hanya menemukan satu jasad penumpang pada Senin, dan tiga jasad lainnya pada Minggu, kemarin.

”Mayatnya ditemukan oleh (awak) kapal penangkap ikan, dan MMEA telah berupaya untuk itu. Kemungkinan untuk menemukan korban yang selamat sekarang sangat tipis," kata Che Ami, kepada AFP.

Sementara, salah satu korban yang berhasil diselamatkan, pada Jumat pekan lalu, mengaku telah membayar 1.300 ringgit (Rp4,1 juta) untuk perjalanan pulang pertamanya ke Tanah Air sejak 13 tahun. Diperkirakan ada empat juta orang asing bekerja di Malaysia secara ilegal. Di antaranya, berasal dari Indonesia dan Myanmar. Mereka umumnya bekerja di perkebunan, pabrik, dan konstruksi proyek, dengan gaji yang rendah.

 

(esn)

shadow