Timur Tengah

4.000 pejuang Hizbullah bantu tentara Suriah di Aleppo

4.000 pejuang Hizbullah bantu tentara Suriah di Aleppo
Istimewa

Sindonews.com - Louay Meqdad, politisi dan Koordinator Media Tentara Pembebasan Suriah (FSA) mengatakan, sekitar 4.000 pejuang Hizbullah tengah membantu tentara berjuang melawan pemberontak Suriah di Aleppo, Selasa (4/6/2013).

"Ribuan perjuang tersebut dikerahkan di Akademi Teknik Militer Suriah di Provinsi Aleppo," ungkap Meqdad, seperti dilansir harian Asharq al-Awsat.

Salim Idriss, Jendral Suriah yang membelot dan menjadi komandan pemberontak Suriah, pekan lalu memperingatkan para pejuang Hizbullah untuk menghentikan perlawanan mereka di Suriah.

"Jika mereka tidak mengindahkan semua larangan tersebut, maka kami akan mengambil semua tindakan untuk memburu mereka, meskipin harus menuju neraka," ungkap Idriss.

Keterlibatan Hizbullah dalam perang saudara di Suriah jadi penyebab serangan roket dari Suriah ke wilayah Libanon. Pada 19 Mei lalu, tentara Pemerintah Suriah didukung dengan kekuatan pejuang Hizbullah melancarkan serangan ke Kota Qusayr, wilayah yang dikuasai pemberontak Suriah.

Sayyed Hassan Nasrallah, Pemimpin Hizbullah sebelumnya membela keputusan gerakan perlawanan Libanon untuk melawan militan asing dalam pertempuran di Qusayr, sebuah kota di perbatasan Suriah. Nasrallah kemudian menjanjikan kemenangan untuk melawan kelompok Salafi di Suriah.

"Suriah adalah pelindung belakang perlawanan Hizbullah melawan Israel, pihak yang melakukan perlawanan tidak dapat tinggal diam saat penjaga belakang mereka terkena serangan," ungkap Nasrallah.

(esn)

views: 3.078x
shadow