Asia Pasifik

Taliban ngaku bertanggung jawab atas kecelakaan pesawat NATO

Taliban ngaku bertanggung jawab atas kecelakaan pesawat NATO
Pesawat AS jatuh di pangkalan udara Bagram di Provinsi Parwan, Afghanistan (Istimewa)

Sindonews.com - Militan Taliban Afghanistan mengklaim bertanggung jawab atas kecelakaan pesawat yang menimpa sebuah pesawat cargo NATO di pangkalan udara Bagram, Senin (29/4/2013). 

"Pejuang Taliban telah melancarkan serangan yanhg menargetkan sebuah pesawat kargo milik pasukan AS di ujung pangkalan udara Bagram pukul 4 sore. Serangan tersebut membuat pesawat hangus terbakar, sementara semua penumpang tewas seketika," ungkap Taliban dalam sebuah pernyataan kepada media, seperti dilansir Xinhua.

Taliban tidak merinci jenis senjata yang digunakan untuk meyerang pesawat kargo tersebut. Mereka hanya menekankan, pesawat tersebut adalah target dari Operasi Perang Musim Semi Talibam yang diberinama Khalid Bin Waleed.

Seperti diketahui, sebuah pesawat kargo jatuh setelah lepas landas dari pangkalan udara Bagram di  Provinsi Parwan, Afghanistan yang dikelola oleh pasukan Amerika Serikat, Senin (29/4/2013).  

Juru Bicara NATO mengatakan, ketujuh awak yang berada di dalam pesawat itu meninggal dalam kecelakaan tersebut.
Pihak NATO dan polisi Afghnistan dalam pernyataan yang mereka sebutkan sebelumnya tidak menyinggung bahwa kecelakaan tersebut dipicu oleh serangan militan.  

"Tidak ada aktifitas gerilyawan saat insiden tersebut terjadi," ungkap Juru Bicara NATO. 

Sementara itu, Abdul Rahman Sarjang, Polisi Provinsi Parwan mengatakan, kecelakaan itu disebabkan oleh masalah teknis setelah pesawat berhasil lepas landas. "Pesawat itu adalah milik NATO," tegas Sarjang.


(esn)

views: 932x
shadow