Hukum

Kasus Century, usut tuntas semua yang diduga terlibat

Kasus Century, usut tuntas semua yang diduga terlibat
Ilustrasi. (Istimewa)

Sindonews.com - Pengamat komunikasi politik Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta Gun Gun Heryanto mengimbau, Tim Pengawas (Timwas) Century DPR untuk berhati-hati dalam menyebut empat orang yang tersangkut kasus Century. Pasalnya, jangan sampai pernyataan itu dipolitisasi.

"Pernyataan politis, tetapi tidak cukup memadai untuk didorong ke ranah hukum. Saya tentu mendukung, pengungkapan kasus Century ini agar terang benderang. Tetapi, butuh fakta hukum bukan perang opini," kata dosen ilmu komunikasi UIN itu saat kepada Sindonews, Kamis (7/3/2013).

Pada kesempatan itu dia meminta Timwas century untuk serius membongkar kasus tersebut. Dia berharap, kekuasaan dan jabatan tidak menjadi penghalang untuk menuntaskan kasus yang merugikan negara hingga Rp6,7 triliun itu.

"Semua orang yang punya indikasi keterlibatan harus diusut hingga tuntas jangan sampai ada 'obstruction of justice' atau hukum hanya ditegakkan pada mereka yang tidak memiliki kekuasaan," kata Direktur Eksekutif The Political Literacy Institute ini.

Anggota Tim Pengawas (Timwas) Century, Hendrawan Supratikno mengatakan, saat berkunjung ke rumah mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum banyak nama yang terungkap yang diduga terlibat kasus bailout Bank Century. Tiga orang yang disebut berafiliasi dengan Partai Demokrat.

"Ada banyak nama yang diungkapkan. Setelah dikerucutkan tinggal lima nama, satu sudah meninggal. Tiga orang dari Demokrat, satu orang non-Demokrat," ujar Hendrawan di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Rabu 6 Maret 2013 kemarin.

Politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) ini mengaku, informasi yang disampaikan oleh mantan Anas dikategorikan baru dan sangat relevan. "Tapi apakah spesifik atau tidak, menurut saya masih belum," ucapnya.

(mhd)

views: 1.645x
shadow