Politik

Hanura wajibkan calegnya jalani tes narkoba

Eidi Krina Jason Sembiring

Minggu,  3 Februari 2013  −  10:42 WIB
Hanura wajibkan calegnya jalani tes narkoba
Ketua DPP Hanura Saleh Husin (Istimewa)

Sindonews.com- Meski sudah dikenal publik, Partai Hanura mengaku tak akan memberikan perlakukan istimewa bagi artis yang ingin menjadi calon legislatif (Caleg) dari partai yang digawangi Wiranto ini.

"Terkait dengan perekrutan caleg artis, kami di Hanura tidak pernah membeda-bedakan semua sama. Yang kebetulan ia artis itu menjadi poin tambahan karena yang bersangkutan lebih terkenal," ujar Ketua DPP Hanura Saleh Husin kepada Sindonews, Minggu (3/1/2013).

Di atas segalanya, lanjut Husin, Partai Hanura lebih mengutamakan integritas, moral, perilaku, kapasitas, loyalitas yang baik dari para caleg yang akan direkrut sebelum diterjunkan di daerah pemilihannya masing-masing. Syarat yang sama berlaku bagi setiap artis yang menjadi caleg dari Partai Hanura.

"Jadi standar penerimaan sudah dibuat sedemikian agar menghasilkan output yang baik," tegasnya.

Tak mau kecolongan, kata Husin, Hanura akan memperketat pengawasan dan seleksi terhadap calegnya agar terhindar dari praktek penggunaan narkoba. Perlu juga perlu diketahui, dalam persyaratan administrasi caleg harus disertai surat keterangan dari rumah sakit bebas dari zat adiktif berbahaya.

"Disitu diperiksa kesehatannya, termasuk pemeriksaan darah dan akan diketahui menggunakan narkoba atau tidak. Namun tentu kita akan secara ketat mengawasi dan mendalami apakah para caleg benar-benar bersih dari narkoba," ujar sekretaris fraksi Hanura ini.

Menanggapi ditangkapnya artis Raffi Ahmad oleh BNN, Husin mengaku sangat prihatin. Ia menyayangkan, artis yang menjadi idola banyak orang terpaksa berurusan dengan BNN karena terbukti menggunakan narkoba.

"Mereka harusnya memberi contoh dan tauladan kepada masyarakat terutama kepada para penggemarnya. Maka dari itu BNN harus lebih intens lagi memberikan sosialisasi kepada para artis melalui kerjasama dengan para PH yang ada tentang dampak dari penggunaan narkoba," ujarnya.

 

(kri)

shadow