Timur Tengah

Israel geram, Suriah pasok senjata ke Hizbullah

Israel geram, Suriah pasok senjata ke Hizbullah
Persenjataan rudal Suriah (Presstv)

Sindonews.com – Pemerintah Israel geram mendengar kabar Suriah akan mengirim persenjataan ke militan Hizbullah di Lebanon. Israel tak segan meluncurkan operasi militer terhadap Suriah jika memang negara ini memasok rudal atau senjata kimia pada kelompok Hizbullah.

"Saya telah menginstruksikan tentara Israel untuk meningkatkan persiapan intelijen dan kebutuhan operasi militer," tegas Menteri Pertahanan Israel, Ehud Barak, seperti dikutip Presstv, Sabtu (21/7/2012).
 
Saat ini, Israel sedang memantau kemungkinan transfer sistem amunisi canggih, terutama rudal udara dan rudal berat, serta kemungkinan transfer senjata kimia dari Suriah ke Lebanon. Mengingat Presiden Suriah Bashar al-Assad mulai lengser dari kekuasaannya. Israel juga berencana  melakukan pemantauan intelijen yang bekerja sama dengan lembaga lain.
 
Sebelumnya, Pemerintah Suriah mengungkapkan pemberontak, sabotase, dan teroris bersenjata merupakan faktor pendorong kerusuhan dan kekerasan yang mematikan. Kekacauan itu dianggap telah diatur pihak Barat untuk membahayakan warga sipil di Suriah.
 
Sementara itu, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah menyetujui resolusi untuk memperpanjang mandat misi internasional di Suriah selama 30 hari. Meskipun Rusia dan Cina telah mem-veto rancangan resolusi PBB untuk negara tersebut. Sebab resolusi PBB dinilai membahayakan rakyat Suriah dengan pemberlakuan sanksi militer.


(rik)

views: 2.732x
shadow