Sampaikan Bantuan, Menlu Retno: Ini Cara RI Dukung Rohingnya

Minggu, 22 Januari 2017 - 15:13 WIB
Sampaikan Bantuan, Menlu Retno: Ini Cara RI Dukung Rohingnya
Sampaikan Bantuan, Menlu Retno: Ini Cara RI Dukung Rohingnya
A A A
JAKARTA - Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi menuturkan, memberikan bantuan kemanusiaan adalah cara Indonesia untuk memberikan dukungan kepada etnis Rohingnya di Myanmar. Indonesia setidaknya memberikan 10 ton bantun untuk etnis Rohingnya.
“Indonesia memilih untuk mengambil langkah konstruktif membantu Myanmar dalam menciptakan perdamaian, stabilitas dan pembangunan di Rakhine State," ucap Retno asat menyampaikan bantuan kemanusiaan Indonesia untuk masyarakat Rakhine State, seperti tertuang dalam siaran pers Kementerian Luar Negeri Indoensia yang diterima Sindonews pada Minggu (22/1).

Dalam sambutan saat penyerahan bantuan Retno menegaskan, baik secara bilateral maupun melalui ASEAN, Indonesia memiliki komitmen tinggi untuk membantu pembangunan inklusif di Myanmar. Dia juga menyampaikan Indonesia telah mengikuti dari dekat berbagai perkembangan di Rakhine State sejak terjadinya penyerangan kepada pos polisi pada 9 Oktober 2016 lalu.
Dia juga menyampaikan harapan agar bantuan yang diberikan dapat dinikmati oleh seluruh komunitas di Rakhine State, termasuk khususnya Komunitas Muslim, dan menuturkan Indonesia memiliki komitmen untuk terus membantu Myanmar dalam jangka menengah dan panjang, khususnya dalam bidang pendidikan, kesehatan, pertanian, kewirausahaan, serta demokrasi dan tata kelola pemerintahan.
“Indonesia berharap bantuan ini dapat membantu menciptakan kondisi kondusif bagi perdamaian dan stabilitas yang sangat dibutuhkan untuk pembangunan inklusif di Myanmar, khususnya Rakhine State," ucapnya
Bantuan itu sendiri diterima oleh Menteri Kesejahteraan Sosial Myanmar Win Myat Aye dan disaksikan oleh Menteri Utama Rakhine U Nyi Pu. Bantuan Indonesia akan langsung disalurkan ke masyarakat yang membutuhkan, khususnya di beberapa lokasi pengungsian.
“Pemerintah dan rakyat Myanmar sangat berterima kasih dan menghargai bantuan dan kemanusiaan dan konsistensi Indonesia dalam mendukung Myanmar," ucap Win Myat Aye.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3974 seconds (0.1#10.140)