Trump Resmi Presiden ke-45 AS, Sumpah First America Terucap!

Sabtu, 21 Januari 2017 - 01:04 WIB
Trump Resmi Presiden ke-45 AS, Sumpah First America Terucap!
Trump Resmi Presiden ke-45 AS, Sumpah First America Terucap!
A A A
WASHINGTON - Donald John Trump pada Jumat (20/1/2017) waktu Washington, resmi dilantik sebagai Presiden ke-45 Amerika Serikat (AS). Trump mengucap sumpah “First America”, yakni mengembalikan kejayaan AS dengan kesejahteraan rakyat sebagai yang utama.

Sesaat sebelum diambil sumpah jabatan, Trump memberi acungan jempol dan tinju. Trump dilantik bersama Wakil Presiden terpilih Mike Pence. Pelantikan berlangsung megah dan meriah di Gedung Capitol, Washington DC.

Pelantikan Trump menjadi sejarah bagi Partai Republik yang pertama kali menguasai Gedung Putih setelah delapan tahun absen sebagai “penguasa” Amerika.

Trump berjanji untuk memimpin AS. ”Upaya nasional yang besar untuk membangun kembali negara kita dan mengembalikan janji,” kata Trump. Dia mengatakan, sudah saatnya kekuasaan dikembalikan kepada rakyat. ”Saat ini adalah kesempatan Anda, ini milik Anda,” katanya lagi.

“Sumpah jabatan yang saya ambil hari ini, merupakan sumpah setia untuk semua,” ucap Trump.

Dalam pidato pelatinkannya, Trump menyinggung pengorbanan AS dalam membela negara-negara lain dengan kekuatan militer dan ekonomi sehingga membuat kondisi dalam negeri AS sendiri menderita.

”Kekayaan kelas menengah telah robek dari rumah mereka dan didistribusikan di seluruh dunia,” ujarnya. ”Tapi itu masa lalu, dan sekarang kami sedang mencari hanya untuk masa depan,” ujarnya.

“Tapi, sejak hari ini, visi baru akan mengatur tanah kami. Mulai hari ini, ini hanya akan menjadi 'First America’,” imbuh dia, seperti dikutip AP, Sabtu (21/1/2017).

“Setiap keputusan akan dibuat untuk menguntungkan pekerja Amerika dan keluarga Amerika,” imbuh dia.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4074 seconds (0.1#10.140)