Massa Demo Berencana Duduki Jalan MH Thamrin hingga Malam

Kamis, 10 Agustus 2023 - 14:55 WIB
loading...
Massa Demo Berencana Duduki Jalan MH Thamrin hingga Malam
Rombongan buruh berkumpul di perempatan Cempaka Putih menuju Jalan MH Thamrin Jakarta untuk berunjuk rasa, Kamis (10/8/2023). FOTO/MPI/CARLOS ROY FAJARTA
A A A
JAKARTA - Massa buruh yang tergabung dari berbagai elemen tumpah ruah di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat. Rencananya, mereka bakal bertahan hingga malam hari.

Perwakilan dari Kongres Aliansi Serikat Buruh Indonesia (Kasbi), Ahmad Taufik mengatakan, massa aksi bakal bertahan di Jalan MH Thamrin. Tak hanya itu, mereka berharap para pekerja atau karyawan yang berada di sekitaran MH Thamrin bisa bergabung bersama mereka.

"Jadi motor-motor tidak ditaruh di kantong parkir. Karena orientasi untuk menduduki jalan dan mengajak pekerja di kantor. Makanya kita kemungkinan bertahan di jalan," kata Taufik di lokasi, Kamis (10/8/2023).



"Info terakhir sampe jam 21.00 WIB malam, semua di sini, dipusatkan di sini," katanya.

Taufik mengatakan, rencana awalnya mereka akan mendatangi kantor Mahkamah Konstitusi (MK). Namun, karena adanya penutupan jalan di kawasan Bundaran Patung Kuda, massa memilih bertahan di MH Thamrin.

"Mau ke arah MK, cuma pasti diblokade di Patung Kuda. Tapi aksinya bakal disatukan di sini di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin," katanya.

"Tapi opsi kedua itu menarik perhatian teman/teman di kantor untuk aksi, karena mereka terdampak juga UU Cipta Kerja. Makanya kemarin dari temen-temen buruh sudah mengirimkan selebaran ke kantor-kantor agar dapat terlibat aksi ini," katanya.



Untuk diketahui, Sejuta buruh dari sejumlah organisasi yang tergabung Aliansi Aksi Sejuta Buruh (AASB) akan menggelar unjuk rasa atau demonstrasi pada Kamis (10/8/2023) di Jakarta.

Tuntutannya adalah pencabutan Undang-Undang (UU) Cipta Kerja, UU Kesehatan, UU Pengembangan dan Penguatan Sektor Keuangan (P2SK), dan mewujudkan Jaminan Sosial Semesta Sepanjang Hayat.

Panglima Aksi Akbar Ultra Damai 10 Agustus 2023, Arif Minardi menjelaskan nantinya akan mengulang aksi tahun lalu, tapi jumlahnya lebih banyak.

"Kami optimistis 1 juta massa akan tercapai," kata Arif dalam konferensi pers di Kantor KSPSI Pusat, Jakarta, Selasa (8/8/2023) sore.
(abd)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1462 seconds (0.1#10.140)