Inilah Ritual Pelantikan Para Pemimpin Dunia

Jum'at, 20 Januari 2017 - 13:51 WIB
Inilah Ritual Pelantikan Para Pemimpin Dunia
Inilah Ritual Pelantikan Para Pemimpin Dunia
A A A
JAKARTA - Setiap negara punya cara sendiri menggelar acara pelantikan kepala negara. Namun hal yang selalu ada dalam setiap pelantikan berisi tiga hal yakni, sumpah jabatan,konstitusi dan kitab suci.

Bagaimana ritual tersebut? Berikut ini sejumlah upacara pelantikan pemimpin dunia :

Presiden Jerman
Presiden Jerman dilantik sebelum sidang gabungan Parlemen Jerman dalam Gedung Reichstag di Kota Berlin. Sumpah jabatan dilakukan sebelum Presiden terpilih dilantik oleh Presiden Bundestag (majelis rendah). Saat pelantikan, Presiden terpilih membaca sambil mengangkat tangan kanan (upacara pengukuhan untuk Kanselir Jerman adalah persis sama).

Presiden Taiwan
Presiden Taiwan dilantik di kediaman resmi Presiden di Taipei. Presiden terpilih membaca sumpah sambil memberikan hormat dengan tangan penuh di depan foto raksasa Presiden pertama China Sun Yat Sen.

Presiden Spanyol

Presiden Spanyol disumpah di kediaman Raja, Royal Palace di Kota Madrid. Saat diambil sumpah, Presiden terpilih menempatkan satu tangan di konstitusi. Meja yang sama berisi salib dan Alkitab terbuka. Raja dan Ratu Spanyol serta Presiden terpilih keluar, kemudian Raja dan Ratu berdiri di sisi kiri Presiden terpilih.

Perdana Mentri India
Presiden Spanyol disumpah di kediaman Raja, Royal Palace di Kota Madrid. Saat diambil sumpah, Presiden terpilih menempatkan satu tangan di konstitusi. Meja yang sama berisi salib dan Alkitab terbuka. Raja dan Ratu Spanyol serta Presiden terpilih keluar, kemudian Raja dan Ratu berdiri di sisi kiri Presiden terpilih.

Presiden Filipina
Presiden Filipina dilantik luar di KotaCebu. Ketua Mahkamah Agung memimpin pengambilan sumpah, sedangkan Presiden terpilih mengulangi sumpah sambil meletakkan satu tangan di Alkitab (dipegang oleh istrinya atau anaknya).

Presiden Israel
Presiden Israel dilantik sebelum sidang gabungan dari Knesset (parlemen). Presiden terpilih menempatkan satu tangan di kitab suci Ibrani. Pemimpin Knesset memimpin pengambilan sumpah dan Presiden terpilih mengulanginya. Presiden kemudian keluar dan berdiri ke samping. Semua pria mengenakan yarmulke, topi tradisional Yahudi.

Presiden Zimbabwe
Presiden Zimbabwe dilantik di depan rumah parlemen Zimbabwe. Presiden terpilih dengan mengenakan regalia membaca sumpah, sedangkan tangannya diletakkan di Alkitab. Ketua Mahkamah Agung berdiri di sampingnya.

Presiden Iran
Presiden Republik Islam Iran diambil sumpahnya di sebuah masjid di Kota Teheran. Sebelum pelantikan, Presiden menemui Pemimpin Tertinggi Iran. Pemimpin Tertinggi kemudian memimpin pengambilan sumpah untuk Presiden baru.

Presiden Ukraina
Presiden Ukraina diambil sumpah di parlemen Ukraina di Ibu Kota Kiev. Presiden terpilih berdiri di depan ruangan dan membaca sumpah jabatan, sedangkan tangannya memegang konstitusi dan Alkitab. Setelah sumpah diambil, Ketua Mahkamah Agung menyalami tangan Presiden baru.

Perdana Mentri Kanada
Perdana Menteri Kanada disumpah di Rideau Hall, kediaman resmi Gubernur Jenderal Kanada. Petugas dari Privy Council Ratu memegang sumpah, sedangkan Perdana Menteri terpilih membaca sambil memegang Alkitab di tangan. Gubernur Jenderal Kanada dan suaminya duduk di depan ruangan.

Presiden Rusia
Presiden Rusia dilantik di ruang khusus di Kremlin. Ketua Mahkamah Konstitusi memimpin pengambilan sumpah kepada Presiden terpilih yang mengulanginya sambil memegang satu tangan pada konstitusi. Para pemimpin dari majelis parlemen berdiri ke samping.

Presiden Amerika Serikat
Amerika Serikat memiliki tradisi melantik presiden di Gedung Capitol, Washington, DC, pada Senin atau Ahad. Pelantikan diawali dengan pembacaan sumpah, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan pidato, doa, dan puisi oleh sastrawan. Selain prosedur resmi di atas, elemen-elemen lain dalam pelantikan Presiden AS adalah makan siang bersama, parade ke Gedung Putih, serta pembuatan medali presiden.

Presiden Republik Indonesia
Untuk pertama kalinya dalam sejarah, pelantikan Presiden Joko Widodo- Wakil Presiden Jusuf Kalla diwarnai pesta rakyat. Prosesi pelantikan dilakukan dalam Sidang Paripurna di gedung DPR/MPR.

Perdana Mentri Hungaria
Perdana Menteri Hungaria dilantik di ruang atas Parlemen Hungaria. Presiden terpilih berdiri di depan ruangan dan mengambil sumpah Perdana Menteri terpilih sambil memegang satu tangan di dada dan memegang sudut kecil dari bendera Hungaria. Tiang bendera dipegang oleh anggota militer. Upacara serupa dilakukan di Bulgaria.

Presiden El Savador
Presiden El Salvador terpilih dilantik di dalam ruang kongres. Pengambilan sumpah dipimpin Ketua Mahkamah Agung. Presiden terpilih mengulangi sumpah sambil memegang satu tangan pada konstitusi (dipegang oleh istrinya). Setelah Presiden dilantik, mantan Presiden menanggalkan sabuk jabatannya dan menyerahkan kepada Presiden baru.

Perdana Mentri Malaysia
Perdana Menteri Malaysia diambil sumpah di Istana Kerajaan di Kuala Lumpur. Perdana Menteri terpilih berdiri di hadapan Raja Malaysia dan membaca sumpah jabatan. Upacara serupa dilakukan di Thailand, Jepang, dan Nepal.

Perdana Mentri Yunani
Perdana Menteri Yunani dilantik di Istana Presiden di Athena. Pengambilan sumpah Perdana Menteri terpilih dipimpin Uskup Agung Gereja Ortodoks Yunani dan beberapa pemuka agama lainnya. Perdana Menteri terpilih mengulangi sumpah sambil meletakkan salah satu tangan di Alkitab.

Presiden Chile
Presiden Chile diambil sumpah di dalam ruang Senat Kongres Chile di Valparaiso. Senat Presiden memimpin upacara pengambilan sumpah kepada Presiden terpilih, di mana Presiden mengulangi sumpah sambil meletakkan tangan di dada.

Presiden Pakistan
Presiden Pakistan dilantik dan diambil sumpah di Istana Presiden di Islamabad. Ketua Mahkamah Agung memimpin proses pengambilan sumpah jabatan dan Presiden terpilih mengulanginya. Mereka berdua kemudian bertukar salinan sumpah.

Presiden Nigeria
Presiden Nigeria dilantik di luar Eagle Square di Abuja. Pengambilan sumpah kepada Presiden terpilih dipimpin Ketua Mahkamah Agung dan petugas. Presiden terpilih mengulangi sumpah sambil mengangkat satu tangan dan memegang Alkitab (atau Alquran, tergantung agamanya).

Presiden Honduras
Presiden Honduras dilantik di luar Stadion Nasional di Tegucigalpa. Presiden Kongres memegang mikrofon dan memimpin proses pengambilan sumpah jabatan. Presiden terpilih mengulangi sumpah sambil tangan memegang di Alkitab.

Presiden Sierra Leone
Presiden Sierra Leone diambil sumpah di dalam Istana Kepresidenan di Freetown. Presiden terpilih membaca sumpah jabatan sambil memegang salinan Alquran, sedangkan Ketua Mahkamah Agung berdiri di sebelah kirinya.
Inilah Ritual Pelantikan Para Pemimpin Dunia
(bbk)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4854 seconds (0.1#10.140)