Media Korsel Sebut Korut Bakal Uji Coba Rudal Balistik

Kamis, 19 Januari 2017 - 09:49 WIB
Media Korsel Sebut Korut Bakal Uji Coba Rudal Balistik
Media Korsel Sebut Korut Bakal Uji Coba Rudal Balistik
A A A
SEOUL - Korea Utara (Korut) kemungkinan sedang mempersiapkan uji coba prototipe rudal balistik antar benua (ICBM) yang telah diperbarui. Demikian laporan media Korea Selatan (Korsel) mengutip sumber-sumber militer.

Media Korsel melaporkan kemungkinan uji coba peluncuran ICBM tersebut dilakukan dalam waktu dekat. Uji coba itu berpotensi dilakukan bertepatan dengan pelantikan presiden Amerika Serikat (AS) terpilih Donald Trump pada Jumat mendatang seperti dikutip dari Reuters, Kamis (19/1/2017).

Badan-badan intelijen Korsel pada Rabu lalu melaporkan bahwa mereka baru-baru ini melihat bagian rudal tengah diangkut yang diyakini bagian dari rudal ICBM. Laporan itu menimbulkan kekhawatiran bahwa uji coba peluncuran mungkin dalam waktu dekat, begitu laporan surat kabar Chosun Ilbo, mengutip sumber dari militer.

"Panjang dan bentuk bagian rudal itu berbeda dari rudal Musudan konvensional. Kemungkinan mereka memindahkannya ke suatu tempat untuk di rakiy," kata sumber itu kepada Chosun Ilbo. Musudan adalah rudal jarak menengah yang sempat diuji oleh Korut pada tahun lalu.

Terkait hal ini, juru bicara Kementerian Pertahanan Korsel Roh Jae-cheon untuk sementara belum bisa mengkonfirmasi laporan tersebut. Dikatakan Jae-cheon militer sedang memantau perkembangan ICBM Korut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5472 seconds (0.1#10.140)