5 Penyakit yang Dilarang Minum Air Kelapa, Salah Satunya Pengidap Alergi

Rabu, 09 Agustus 2023 - 22:28 WIB
loading...
5 Penyakit yang Dilarang Minum Air Kelapa, Salah Satunya Pengidap Alergi
Ada beberapa pengidap penyakit yang dilarang minum air kelapa secara berlebih. Foto/Freepik
A A A
JAKARTA - Ada sejumlah pengidap penyakit yang dilarang minum air kelapa secara berlebih. Salah satunya adalah pengidap alergi .

Air kelapa diketahui memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Minuman alami ini mampu mengobati dan mencegah dehidrasi karena mengandung karbohidrat dan elektrolit.

Terlepas dari segudang manfaatnya, ternyata konsumsi air kelapa tidak cocok bagi semua orang. Beberapa kondisi kesehatan yang diderita seseorang mengharuskannya untuk menghindari minuman ini.

Dilansir dari berbagai sumber, SINDOnews telah merangkum sejumlah penyakit yang dilarang minum air kelapa sebagai berikut.

Penyakit yang Dilarang Minum Air Kelapa

1. Pengidap Masalah Ginjal

Air kelapa memiliki potasium yang cukup tinggi. Mengutip laman WebMd, biasanya kalium akan diekskresikan dalam urin jika kadar darah terlalu tinggi.



Namun, prosesnya mungkin tidak akan berjalan pada seseorang yang memiliki masalah ginjal. Hal ini termasuk kondisi ginjal yang tidak bekerja secara normal hingga penyakit gagal ginjal.

Sebagai dampaknya, organ ginjal tidak bisa membuang kelebihan kalium dalam darah. Sehingga berpotensi memunculkan keluhan kesehatan lain yang berbahaya.

2. Seseorang dengan Alergi Kacang-kacangan

Air kelapa dapat menimbulkan reaksi alergi. Terutama bagi orang yang memiliki alergi terhadap kacang-kacangan.

Mengutip Stylecraze, hal ini karena kelapa tergolong dalam tree nut atau pohon kacang. Maka dari itu, bagi Anda yang memiliki alergi kacang-kacangan bisa menghindari air kelapa atau sejenis olahan lainnya.

3. Pengidap Cystic Fibrosis

Bagi masyarakat umum, gangguan bernama Cystic Fibrosis ini mungkin masih terdengar asing. Kondisi ini bisa membuat penderitanya kekurangan kadar garam pada tubuh.

Pada sejumlah kasus, pengidap gangguan ini harus meminum cairan atau pil tertentu untuk meningkatkan kadar garam (natrium). Namun, air kelapa bukanlah pilihan tepat bagi penderita keluhan tersebut.

Alasannya karena air kelapa mengandung terlalu sedikit natrium dan lebih banyak kalium.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1093 seconds (0.1#10.140)