Indonesia Berharap Penghentian Pencarian MH370 Tidak Selamanya

Rabu, 18 Januari 2017 - 13:31 WIB
Indonesia Berharap Penghentian Pencarian MH370 Tidak Selamanya
Indonesia Berharap Penghentian Pencarian MH370 Tidak Selamanya
A A A
JAKARTA - Pemerintah Indonesia, melalui Kementerian Luar Negeri (Kemlu, berharap penghentian pencarian pesawat Malaysia Airlines MH370 tidak berlaku untuk selamanya. Sebelumnya otoritas Malaysia, China, dan Australia menyatakan pencarian pesawat nahas tersebut dihentikan.

"Pertama, kami mencatat pengumuman kemarin tentang penangguhan pencarian MH 370. Kedua, kami menegaskan kembali simpati terdalam kami dan kesedihan kepada anggota keluarga yang kehilangan keluarga dalam insiden MH370," kata juru bicara Kemlu, Arrmanantha Nassir pada Rabu (18/1/2017).

"Kami berharap, walaupun proses ditangguhkan sekarang, masih akan ada informasi baru atau petunjuk baru yang bisa ditindak lanjuti oleh pemerintah dan juga tim pencari. Dan tiga pemerintah, Malaysia, Australia dan China dapat menggunakan untuk mengkoordinasikan untuk mencari pesawat MH370," sambungnya.

Otoritas Malaysia, China, dan Australia kemarin menyatakan kapal pencarian terakhir akan meninggalkan lokasi pencarian pada sore hari ini. Kapal pencari itu telah menjelajahi 120.000 km persegi daerah dasar laut Samudera Hindia yang telah menjadi fokus dari pencarian selama hampir tiga tahun.

Malaysia, Australia dan China sejatinya telah sepakat pada bulan Juli lalu untuk menangguhkan pencarian jika pesawat itu tidak ditemukan atau atau ada bukti baru. Penangguhan dilakukan setelah semua wilayah yang dianggap sebagai lokasi jatuhnya pesawat itu telah dijelajahi.

Pesawat MH370 diketahui hilang pada pertengahan tahun 2014 lalu saat melakukan perjalanan dari Kuala Lumpur menuju Beijing. Sedikitnya, 7 warga negara Indonesia berada dalam daftar 239 orang yang turut hilang dengan pesawat tersebut.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4941 seconds (0.1#10.140)