Belanda Sebut Pernyataan Trump Soal NATO Mengkhawatirkan

Selasa, 17 Januari 2017 - 18:29 WIB
Belanda Sebut Pernyataan Trump Soal NATO Mengkhawatirkan
Belanda Sebut Pernyataan Trump Soal NATO Mengkhawatirkan
A A A
AMSTERDAM - Belanda menyatakan pernyataan Presiden terpilih Amerika Serikat (AS) Donald Trump mengenai NATO adalah hal yang mengkhawatirkan. Sebelumnya, Trump menyebut NATO sebagai organisasi usang.
Menteri Luar Negeri Belanda, Bert Koenders menuturkan, Trump harus segera melakukan pertemuan dengan pemimpin negara Eropa, khususnya anggota NATO. Menurutnya, NATO adalah organisasi yang besar dan penting, terlebih bagi negara Eropa.
"Kita perlu duduk bersama Trump sesegera mungkin, karena NATO penting bagi kita dan AS, karena AS memiliki kepentingan. Dalam dunia yang tidak aman untuk mengatakan kita tidak perlu lagi NATO akan menjadi kesalahan nyata," ucap Koenders, seperti dilansir Sputnik pada Selasa (17/1).
"Kita bisa melihat bahwa ia kurang memiliki rasa percaya pada lembaga-lembaga seperti PBB, NATO, dan Uni Eropa. Bagaimana dia menerjemahkannya dalam prakteknya, masih harus dilihat," tukasnya.
Sebelumnya, Presiden Prancis Francois Hollande telah mengeluarkan kecaman terhadap pernyataan Trump tersebut. Hollande menyatakan, Eropa tidak membutuhkan saran dari luar mengenai apa yang harus dilakukan.
"Eropa akan selalu siap untuk melanjutkan kerjasama transatlantik, tetapi akan ditentukan oleh kepentingan dan nilai-nilai, dan untuk itu Eropa tidak perlu saran eksternal," kata Hollande.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4851 seconds (0.1#10.140)