Australia Tak Sepakat Soal Hasil Konferensi Paris

Senin, 16 Januari 2017 - 12:31 WIB
Australia Tak Sepakat Soal Hasil Konferensi Paris
Australia Tak Sepakat Soal Hasil Konferensi Paris
A A A
CANBERA - Menteri Luar Negeri Australia Julie Bishop menuturkan, walaupun pihaknya terlibat dalam konferensi Paris, namun Australia tidak sepenuhnya sepakat mengenai hasil pertemuan itu.
Konferensi itu menghasilkan sebuah komunike yang berisi seruan kepada kedua belah pihak untuk mengambil langkah-langkah mendesak guna membalikkan tren negatif, termasuk tindakan kekerasan dan pembangunan permukiman Israel di wilayah Palestina.
Komunike juga menyambut resolusi Dewan Kamanan (DK) PBB 2334, yang menyatakan pemukiman melanggar hukum internasional dan menyerukan Israel untuk segera menghentikan semua kegiatan permukiman.
Paska konferensi, Bishop menyatakan, dengan hadirnya Australia dalam pertemuan itu, tidak membuat Australia harus setuju pada hasil akhir pertemuan.
"Dalam konferensi itu Australia diwakili oleh para pejabat diplomatik dari Kedutaan Besar Australia di Paris. Sementara pemerintah Australia diwakili pada konferensi Paris ini tidak berarti kita setuju dengan setiap elemen dari pernyataan akhir," kata Bishop, seperti dilansir Sidney Morning Herald pada Senin (16/1).Tanpa secara khusus menyebutkan dukungan konferensi terhadap resolusi 2334, Bishop mencatat pemerintah Australia tidak mendukung resolusi sepihak yang khusus menargetkan Israel.
"Prioritas yang paling penting harus dimulainya kembali perundingan langsung antara Israel dan Palestina untuk solusi dua-negara sesegera mungkin," tukasnya.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4163 seconds (0.1#10.140)