China-Vietnam Capai Kesepakatan Soal Laut China Selatan

Minggu, 15 Januari 2017 - 16:50 WIB
China-Vietnam Capai Kesepakatan Soal Laut China Selatan
China-Vietnam Capai Kesepakatan Soal Laut China Selatan
A A A
BEIJING - China dan Vietnam dilaporkan telah mencapai kesepakatan soal situasi di Laut China Selatan. Vietnam adalah salah satu negara yang paling keras menentang klaim China di kawasan tersebut, karena mereka juga merasa memiliki hak atas kawasan itu.
Kesepatan yang tertuang dalam sebuah komunike tercapai saat terjadi pertemuan antara Ketua Partai Komunis Vietnam Nguyen Phu Trong dengan Presiden Cina Xi Jinping di Beijing, kemarin.
Komunike, yang dirilis oleh kantor berita China Xinhua, seperti dilansir Russia Today pada Minggu (15/1), tidak lama setelah pembicaraan itu selesai, menggambarkan diskusi hubungan bilateral antara kedua pejabat tinggi sebagai "diam-diam".
"Beijing dan Hanoi sepakat untuk mengelola dengan baik perbedaan mereka, menghindari tindakan yang memperumit situasi dan meningkatkan ketegangan, dan menjaga perdamaian dan stabilitas di Laut China Selatan," bunyi komunike tersebut.
Komunike bersama juga mengatakan kedua pihak sepakat untuk terus secara penuh dan efektif melaksanakan Deklarasi Perilaku (DOC) dari Politik di Laut Cina Selatan dan berusaha untuk merampungkan kesimpulan awal dari Code of Conduct (COC).
Sementara itu, dalam pembicaraan tersebut menurut Xinhua, Jin-ping mendesak China dan Vietnam untuk meningkatkan komunikasi dan konsolidasi, untuk meletakkan dasar politik yang kuat guna penyelesaian sengketa di Laut Cina Selatan dan bekerja sama dalam eksplorasi maritim.
Dia menekankan, China bersedia bekerja dengan Vietnam untuk memajukan kemitraan strategis yang komprehensif dengan cara yang berkelanjutan dan sehat. "Menciptakan lebih banyak kontribusi untuk perdamaian, kerjasama, pengembangan dan kemakmuran di Asia dan dunia secara keseluruhan," tukas Jin-ping.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3272 seconds (0.1#10.140)