Perbandingan UMR Indonesia dan Malaysia, Lebih Besar Mana?

Selasa, 08 Agustus 2023 - 17:54 WIB
loading...
Perbandingan UMR Indonesia dan Malaysia, Lebih Besar Mana?
Perbandingan UMR Indonesia dengan Malaysia ditentukan beberapa hal. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Perbandingan UMR Indonesia dengan Malaysia menjadi pembahasan yang menarik diulas. Berada di kawasan Asia Tenggara, apakah perbedaan angkanya terpaut jauh?

Gaji atau upah merupakan hak bagi setiap pekerja. Di Indonesia, sistem pemberian upah biasanya didasarkan pada ketentuan upah minimum. Besarannya cukup variatif, tergantung pada kabupaten/kota/provinsi tempat bekerja.

UMR atau UMP (upah minimum provinsi) biasa menjadi patokan untuk perusahaan dalam menentukan gaji. Lebih lanjut, angka upah minimum yang ditentukan didasarkan atas sejumlah hal, termasuk biaya hidup di tempat tersebut.

Lantas, bagaimana jika besaran UMR Indonesia dibandingkan dengan negara lain seperti Malaysia?

Perbandingan UMR Indonesia dan Malaysia

1. Indonesia

Sedikit dijelaskan di atas, besaran upah minimum yang diberikan di Indonesia angkanya berbeda-beda, tergantung pada kabupaten/kota/provinsi tempat bekerja. Salah satu faktor yang menjadi pertimbangan adalah biaya hidup di tempat tersebut.

Di Indonesia sendiri, besaran UMR atau UMP paling besar berada di angka Rp5,2 juta dan ditetapkan di wilayah Kabupaten Karawang, Jawa Barat. Sementara itu, di sisi lain ada juga daerah yang mematok UMR lewat upah minimum kota (UMK) sebesar Rp1,9 juta.


2. Malaysia

Malaysia menjadi salah satu negara yang memiliki rata-rata upah tertinggi di Asia Tenggara. Meski bukan nomor pertama, namun mereka jelas masuk jajaran teratas di bawah Singapura dan Brunei Darussalam.

Melansir dari Wage Centre, rata-rata gaji bulanan para pekerja di Malaysia mencapai 2.500 ringgit Malaysia. Jika dikonversi ke rupiah, angkanya menjadi Rp8,35 juta (kurs Rp3.342).

Sementara itu, upah minimum per bulan mencapai 1.500 ringgit Malaysia atau sekitar Rp5,01 juta (kurs Rp3.342).

Demikian ulasan mengenai perbandingan UMR Indonesia dengan Malaysia. Melihat angkanya seperti dijelaskan di atas, Malaysia memang unggul. Namun, besarannya tidak sejauh jika dibandingkan dengan Singapura.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1449 seconds (0.1#10.140)