Saudi Undang Iran untuk Bahas Masalah Haji

Selasa, 10 Januari 2017 - 12:38 WIB
Saudi Undang Iran untuk Bahas Masalah Haji
Saudi Undang Iran untuk Bahas Masalah Haji
A A A
TEHERAN - Pemerintah Arab Saudi telah mengirimkan undangan resmi kepada pemerintah Iran untuk melakukan pembicaraan mengenai haji. Tahun lalu Iran memboikot penyelenggaraan haji, setelah terjadi insiden mematikan di Mina pada tahun 2015.
Menurut Ali Ghaziaskar, perwakilan pemimpin tertinggi spiritual Iran Ayatollah Ali Khamenei dalam urusan haji menyatakan, undangan itu sudah didapat pihaknya pada akhir pekan lalu.
"Iran secara resmi telah menerima undangan Arab Saudi untuk bertemu dan mengadakan pembicaraan bilateral mengenai masalah haji," kata Ghaziaskar dalam sebuah pernyataan, seperti dilansir Reuters pada Selasa (10/1).
"Pembicaraan akan berfokus mengenai akomodasi, transportasi, keamanan, perawatan medis, visa dan perbankan, dan Iran akan merespon undangan itu dalam beberapa hari mendatang," sambungnya.
Tahun lalu, Iran tidak mengirimkan warganya untuk haji dan menuduh Arab Saudi gagal untuk menjamin keselamatan para jamaah. Khamenei kemudian menyerukan negara-negara Muslim untuk mengakhiri kontrol Saudi atas ibadah haji, sementara Riyadh menuduh Iran mempolitisasi bencana Mina.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4616 seconds (0.1#10.140)