Misa untuk Bos Mafia Dilarang, Pastor Italia Mengadu ke Paus Francis

Jum'at, 30 Desember 2016 - 02:09 WIB
Misa untuk Bos Mafia Dilarang, Pastor Italia Mengadu ke Paus Francis
Misa untuk Bos Mafia Dilarang, Pastor Italia Mengadu ke Paus Francis
A A A
GRUMO APPULA - Seorang pastor di Italia, Michele delle Foglie, ingin menemui pemimpin Vatikan Paus Fransiskus (Francis). Dia ingin mengadukan larangan misa yang dia gelar untuk seorang bos mafia yang tewas di Kanada.

Pastor itu berpendapat orang-orang yang berdosa juga berhak mendapat ampunan dari Tuhan. Argumen itulah yang membuatnya ingin menggelar misa untuk bos mafia Rocco Sollecito asal Kota Grumo Appula, di wilayah Apulia, Italia selatan. Bos mafia itu ditembak mati di Kanada bulan Mei lalu.

Pastor sejatinya sudah mengundang jemaat lokal ke gereja pada hari Selasa 27 Desember untuk melaksanakan misa bagi Sollecito. Misa itu diminta oleh keluarga Sollecito yang telah mendekati sang pastor.

Namun, polisi Italia memerintahkan misa dibatalkan dengan alasan untuk mencegah pelanggaran ketertiban umum. Para Uskup Agung juga memerintahkan layanan misa untuk Sollecito dibatalkan dan menganggapnya sebagai “skandal serius".

Larangan itu membuat Pastor Foglie frustrasi. Dia menganggap pihak berkuasa sudah mengintervensi urusan spiritual masyarakat.

”Saya sedang berpikir untuk mengadukannya kepada Paus Francis, sehingga dia dapat menerima saya sebagai seorang ayah yang menyambut anak untuk berduka,” kata Foglie kepada media-media Italia.

“Misa suci tidak dirayakan untuk menghormati orang meninggal, itu untuk mengingat kematian, dan (mengingat) dosa, meminta kasih sayang Tuhan,” ujarnya.

Pastor Luigi Ciotti, pendiri organisasi anti-mafia Libera, mengatakan kepada surat kabar Italia, La Stampa, yang dikutip Jumat (30/12/2016), bahwa Pastor Foglie bertindak salah dengan menyebarkan undangan umum kepada masyarakat untuk kepentingan pribadi.

”Anggota keluarga memiliki hak untuk berdoa bagi keluarga mereka. Hal lainnya adalah untuk mengundang seluruh jemaat untuk mengingat orang yang bertanggung jawab atas pelanggaran. Kekerasan tidak sesuai dengan Injil,” ujarnya.

Wali kota setempat, Michele D'Atri, yang tak setuju dengan misa untuk bos mafia itu meminta agar Pastor Foglie dicopot. Hingga kini pihak Vatikan belum mengonfirmasi apakah Paus Francis akan menerima pengaduan Pastor Foglie atau tidak.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4439 seconds (0.1#10.140)