Ultah Gadis Meksiko Pemikat 1,3 Juta Orang Makan Korban Jiwa

Rabu, 28 Desember 2016 - 06:09 WIB
Ultah Gadis Meksiko Pemikat 1,3 Juta Orang Makan Korban Jiwa
Ultah Gadis Meksiko Pemikat 1,3 Juta Orang Makan Korban Jiwa
A A A
SAN LUIS POTOS - Pesta ulang tahun (ultah) gadis remaja Meksiko, Rubi Ibarra Garcia, 15, menghebohkan publik di negara itu karena 1,3 juta orang mengonfirmasi siap hadir. Pesta ultah yang digelar 26 Desember itu pun menewaskan satu orang ketika pacuan kuda digelar dalam pesta.

Pesta Ultah Garcia jadi sorotan media-media dunia, karena banyaknya orang yang tertarik untuk hadir. Tidak ada data resmi dari otoritas daerah setempat yang mengonfirmasi apakah 1,3 juta orang itu benar-benar menghadiri ultah Garcia. Namun, laporan sejumlah media setempat menyebut ribuan orang hadir di pesta tersebut.

Undangan ultah dalam bentuk video itu viral di Facebook gara-gara aksi blunder lucu ayah Garcia, Crescencio Ibarra. Ayah gadis itu semula hanya ingin mengundang kerabat dan rekan-rekannya saja. Tapi, Ibarra melakukan tidak menyadari bahwa dia gagal menyeting fitur “public” di pengaturan Facebook.

Kegagalan itu membuat undangan ultah dilihat para pengguna Facebook dan disebarkan. ”Hai, bagaimana kabar Anda? Kami ingin mengundang Anda pada 26 Desember ini untuk pesta ulang tahun ke-15 putri kami Rubi Ibarra Garcia di La Joya,” kata Ibarra, dalam video undangan ultah itu.

Mengenakan topi koboi khas Meksiko utara, Ibarra dalam video tersebut berjanji menyuguhkan band-band yang akan bermain dalam pesta. Selain itu, dia juga mengumumkan kontes pacuan kuda dengan hadiah 10 ribu peso. ”Semua orang diundang,” lanjut dia dalam video tersebut.

Sejak undangan itu viral, sekitar 1,3 juta pengguna Facebook telah mengonfirmasi akan hadir. ”Ini semua di luar kendali,” ujar Ibarra, seperti dikutip AFP, Rabu (28/12/2016). ”Itu tidak berarti kami tidak ingin mengundang semua orang, tentu saja, tapi di sini pihak daerah kami (kerepotan). Ini adalah sesuatu yang tidak kami harapkan.”

Pesta ultah yang dihadiri ribuan orang itu pun memakan korban jiwa. Seorang tamu pria tewas saat menyaksikan pacuan kuda seperti yang dijanjikan ayah Garcia.

Selama pacuan kuda berlangsung, seorang tamu undangan bernama Felix Pena, berpikir bahwa semua kuda telah melintas. Tapi, ternyata ada satu yang tertinggal dan dia pun tersambar. Korban dilaporkan tewas ketika hendak dibawa ke rumah sakit.

Selain merenggut satu korban jiwa, seorang penonton lainnya dilaporkan mengalami patah kaki. “Dia pikir tidak ada (kuda) yang datang dan melangkah keluar ke lapangan pacuan kuda dan kuda yang datang menghantamnya,” kata seorang saksi mata.

Korban yang berusia 66 tahun sempat diwawancarai wartawan soal minatnya menghadiri ultah gadis remaja Meksiko itu. ”Saya tidak melakukannya untuk uang, saya melakukannya untuk ketenaran dan kemuliaan,” ujarnya.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4588 seconds (0.1#10.140)