Ciri-ciri Wanita Penghuni Surga, Begini Gambarannya!

Sabtu, 29 Juli 2023 - 05:15 WIB
loading...
Ciri-ciri Wanita Penghuni Surga, Begini Gambarannya!
Salah satu ciri wanita penghuni surga adalah para wanita yang bertakwa kepada Allah SWT dan Rasul-rasulnya. Foto ilustrasi/istimewa
A A A
Ada sejumlah ciri-ciri wanita penghuni surga yang digambarkan dalam Al-Qur;an dan sejumlah hadis Nabi Muhammad Shallalalhu alaihi wa sallam. Apa saja ciri-cirinya?

Secara umum, Ibnu Qayyim al-Jauziyah dalam kitab al-Fawa’id menyebutkan beberapa sifat yang dimiliki para penghuni surga . Mereka adalah orang-orang yang berasal dari golongan Awwab, orang-orang yang kembali kepada Allah dari kemaksiatan menuju ketaatan, dari keterlenaan menjadi terjaga.

Ubaid bin Amir, seorang yang lahir di masa Nabi dan merupakan pembesar tabi’in ini, mengatakan, “Orang yang kembali adalah orang-orang yang teringat akan dosa-dosanya kemudian meminta ampun kepada Allah atas segala perbuatannya.”

Secara Rinci Inilah Sifat Para Penghuni Surga:

1. Golongan Awwab

Golongan ini adalah orang-orang yang kembali kepada Allah dari kemaksiatan menuju ketaatan, dari keterlenaan menjadi terjaga

2. Adalah para hafidz

Menurut Ibnu Abbas, seorang hafidz senantiasa menjaga diri terhadap amanat yang dibebankan dan diwajibkan Allah kepadanya. Qatadah As-Sadusy, seorang ahli tafsir dari kalangan tabi’in berkata,” Senantiasa menjaga hak-hak Allah dan apa yang telah dianugerahkan kepadanya.”

3. Orang-orang yang takut kepada Rabb-nya

Seperti disebutkan dalam Firman-Nya:

مَنْ خَشِيَ الرَّحْمَٰنَ بِالْغَيْبِ وَجَاءَ بِقَلْبٍ مُنِيبٍ


“(Yaitu) orang yang takut kepada Tuhan Yang Maha Pemurah sedang Dia tidak kelihatan (olehnya) dan dia datang dengan hati yang bertaubat.” (QS Qaf: 33)

Yaitu orang yang menyatakan kepercayaannya kepada adanya Allah, kekuasaan, ilmu dan kemampuan-Nya mengawasi semua keadaan manusia. Dia juga percaya kepada kitab, rasul, perintah dan larangan-Nya. Percaya juga kepada janji, ancaman dan pertemuannya dengan Allah.

4. Golongan orang yang bertobat

Seperti dalam firman-Nya, “Dia datang dengan hati yang bertaubat.” (QS Qaf: 33).

Ibnu Abbads berkata, “Hakikat tobat adalah ketetapan hati untuk senantiasa menanti Allah, mencintai-Nya, dan menerima segala ketetapan-Nya.”

Sedangkan Ibnu Tamiyyah dalam Majmu’ Fatawa menyebutkan secara spesifik ciri-ciri wanita penghuni surga .

Berikut ciri-ciri wanita penghuni surga:

1. Wanita-wanita yang bertakwa

Wanita yang bertakwa adalah mereka yang beriman kepada Allah SWT, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, rasul-rasul-Nya, hari kiamat dan takdir baik maupun buruk.

Mereka juga merupakan golongan orang-orang yang bersaksi bahwa tiada Ilahi yang berhak disembah kecuali Allah, bersaksi bahwa Muhammad adalah hamba dan Rasul-Nya, mendirikan salat, menunaikan zakat, berpuasa di bulan Ramadhan, dan naik haji bagi yang mampu.

2. Wanita surga juga digambarkan sebagai sosok yang ihsan

Yakni, wanita-wanita yang beribadah kepada Allah seakan-akan melihat Allah, jika dia tidak dapat melihat Allah, dia mengetahui bahwa Allah melihat dirinya.

Ikhlas beribadah semata-mata kepada Allah, tawakkal kepada Allah, mencintai Allah dan Rasul-Nya, takut terhadap adzab Allah, mengharap rahmat Allah, bertaubat kepada-Nya, dan bersabar atas segala takdir-takdir Allah serta mensyukuri segala kenikmatan yang diberikan kepadanya, juga merupakan ciri dari sikap wanita surga.

3. Wanita-wanita yang gemar membaca Al Qur'an dan berusaha memahaminya
4. Wanita yang selalu berzikir mengingat Allah ketika sendiri atau bersama banyak orang dan berdoa kepada Allah semata
5. Wanita-wanita yang menjalankan amar ma’ruf dan nahi mungkar pada keluarga dan masyarakat.
6. Wanita-wanita surga juga memiliki sikap pengasih dan baik hati kepada tetangga, anak yatim, fakir miskin, dan seluruh makhluk, serta berbuat baik terhadap hewan ternak yang dia miliki.
7. Wanita yang gemar menyambung tali persaudaraan terhadap orang yang memutuskannya, memberi kepada orang, menahan pemberian kepada dirinya, dan memaafkan orang yang menzaliminya.
8. Wanita yang senang bersedekah dan berinfak, baik ketika lapang maupun dalam keadaan sempit
9. Wanita yang suka menahan amarah dan memaafkan manusia
10 Wanita yang selalu menjaga lisan dari berkata dusta, saksi palsu maupun ghibah.
11. Wanita-wanita yang adil
12. Mampu menepati janji, amanah
13. Sangat berbakti pada kedua orang tua.

Allah SWT berfirman:

وَمَنْ يُطِعِ اللَّهَ وَرَسُولَهُ يُدْخِلْهُ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا ۚ وَذَٰلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ


“ … dan barangsiapa taat kepada Allah dan Rasul-Nya, niscaya Allah memasukkannya ke dalam Surga yang mengalir di dalamnya sungai-sungai sedang mereka kekal di dalamnya dan itulah kemenangan yang besar.” (QS An Nisa’ : 13).



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2393 seconds (0.1#10.140)