Hamas Tawarkan Roket ke Tiap Negara Arab yang Sedia Lawan Israel

Selasa, 13 Desember 2016 - 02:24 WIB
Hamas Tawarkan Roket ke Tiap Negara Arab yang Sedia Lawan Israel
Hamas Tawarkan Roket ke Tiap Negara Arab yang Sedia Lawan Israel
A A A
GAZA - Hamas, faksi Palestina yang berkuasa di Jalur Gaza, siap untuk berbagi roket Qassam dengan setiap tentara dari negara-negara Arab yang bersedia untuk melawan Israel. Roket itu dibuat sendiri oleh sayap militer Hamas, Brigade Izzudin al-Qassam.

Pernyataan Hamas itu disampaikan seorang pejabatnya, Fathi Hammad, kepada stasiun televisi Al-Aqsa. ”(Hams) siap untuk (berbagai) misil kapal yang diproduksi oleh sayap militer gerakan (Hamas), Brigade Izzudin al-Qassam kepada tentara Arab untuk melawan entitas Zionis,” katanya yang dikutip dari kantor berita Palestina, Ma'an, Selasa (13/12/2016).

Hammad mengklaim, meskipun Israel memblokade Jalur Gaza secara habis-habisan yang secara efektif mencegah masuknya peralatan militer ke wilayahnya, tapi produksi peralatan militer Hamas bisa bersaing dengan produsen senjata internasional.

Meski demikian, klaim Hammad soal kehebatan roket Hamas itu belum bisa diverifikasi secara independen. Brigade Izzudin al-Qassam selama ini memproduksi roket dari bahan campuran seperti potasium nitrat dan pupuk yang masih tersedia di Jalur Gaza. Sedangkan hulu ledak yang mengandung TNT diduga hasil selundupan.

Hamas mengklaim selama beberapa tahun terakhir, secara signifikan sudah meningkatkan kualitas roketnya dan telah mengembangkan roket M-75 yang mereka yakini mampu mencapai Tel Aviv, Israel.

Selain itu, kelompok militan di Jalur Gaza ini dilaporkan telah menerima teknologi untuk memproduksi rudal Fajr-5 buatan Iran yang memiliki jangkauan hingga 46,6 mil (75km). Ini berarti Hamas sekarang mampu menyerang tepat di jantung sipil Israel.
(mas)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4489 seconds (0.1#10.140)