Tentara Suriah Tangkap 4 Komandan Al-Nusra yang Coba Kabur dari Aleppo

Sabtu, 10 Desember 2016 - 23:56 WIB
Tentara Suriah Tangkap 4 Komandan Al-Nusra yang Coba Kabur dari Aleppo
Tentara Suriah Tangkap 4 Komandan Al-Nusra yang Coba Kabur dari Aleppo
A A A
TEHERAN - Tentara Suriah yang didukung oleh pejuang Hizbullah menangkap beberapa komandan buronan senior Fatah al-Sham (sebelumnya dikenal sebagai Front al-Nusra). Menurut kantor berita Fars, Sabtu (10/12), empat komandan al-Nusra itu ditangkap ketika melarikan diri medan perang Aleppo.

"Pasukan pemerintah mengidentifikasi dan menangkap 4 komandan Fatah al-Sham, yang mencoba untuk meninggalkan distrik-distrik di sebelah timur Aleppo menuju distrik yang aman. Mereka kabur bersama dengan warga sipil," kata sebuah sumber.

Dilaporkan pula, ribuan warga sipil yang sebelumnya disandera di distrik al-Sukri, al-Ferdows, dan Salahuddin di Timur bagian kota Aleppo, berhasil tiba di wilayah yang dikendalikan oleh militer Suriah. Ribuan warga sipil itu kabur melalui koridor kemanusiaan yang dibentuk oleh tentara Suriah dan pasukan Rusia.

Kepala Staf Umum Pasukan Rusia, Letnan Jenderal Sergei Rudskoy mengatakan, tentara Suriah telah menguasai 93 persen dari seluruh kota Aleppo. “Lebih dari 1.000 militan telah menyerahkan senjata dan meninggalkan wilayah timur Aleppo, 953 dari mereka telah diberikan amnesti,” kata Rudskoy.

Sementara Pusat Koordinasi Perdamaian Rusia di Suriah mengatakan, sekitar 8.500 orang, termasuk 2.900 anak-anak telah meninggalkan distrik-distrik yang dikuasai pemberontak dalm 24 jam terakhir dengan bantuan prajurit Rusia.

“Dalam 24 jam terakhir, 8.461 warga kota, termasuk 2.934 anak-anak, meninggalkan distrik di bagian timur kota Aleppo dengan bantuan pusat rekonsiliasi Rusia," sebut pernyataan lembaga itu.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5717 seconds (0.1#10.140)