Kantor HAM PBB: Ratusan Orang Hilang di Aleppo Timur

Jum'at, 09 Desember 2016 - 22:54 WIB
Kantor HAM PBB: Ratusan Orang Hilang di Aleppo Timur
Kantor HAM PBB: Ratusan Orang Hilang di Aleppo Timur
A A A
JENEWA - Kantor hak asasi manusia (HAM) PBB menyatakan ratusan orang dari Aleppo Timur dinyatakan hilang setelah meninggalkan wilayah yang dikuasai pemberontak. Kantor HAM PBB pun menyuarakan keprihatinan yang mendalam terkait perlakuan pasukan pemerintah terhadap mereka.

"Pasukan pro-pemerintah telah maju dari utara ke Aleppo timur, ada dugaan serangan terhadap penduduk sipil yang dianggap telah mendukung kelompok-kelompok oposisi bersenjata, serta laporan bahwa laki-laki dipisahkan dari perempuan dan anak-anak," kata juru bicara HAM PBB Rupert Colville sebuah jumpa pers di Jenewa.

"Kami telah menerima tuduhan sangat mengkhawatirkan bahwa ratusan orang telah hilang setelah menyeberang ke daerah yang dikuasai pemerintah," katanya lagi seperti dikutip dari Reuters, Jumat (9/12/2016).

Colville mengatakan keluarga yang kehilangan anggotanya, sebagian besar berusia antara 30 dan 50 tahun, belum mendapatkan kabar dari mereka sejak melarikan diri seminggu hingga 10 hari lalu. Ia menambahkan bahwa tidak jelas apakah mereka adalah warga sipil atau pemberontak.

"Mengingat catatan buruk penahanan sewenang-wenang, penyiksaan dan penghilangan paksa, kita tentu sangat prihatin tentang nasib orang-orang ini. Kita harus membunyikan lonceng alarm," kata Colville.

"Ini bisa berarti bahwa beberapa telah tewas, itu bisa berarti mereka telah sewenang-wenang ditahan dan dibawa ke suatu tempat, kita tidak tahu," tambahnya.

Colville mengatakan bahwa jika pemberontak terbukti mencegah warga sipil melarikan diri ke tempat yang aman, ini bisa dianggap kejahatan perang. "Warga sipil terjebak antara pihak yang bertikai yang tampaknya beroperasi dengan pelanggaran mencolok terhadap hukum kemanusiaan internasional," kata Colville.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.2902 seconds (0.1#10.140)