PBB Siapkan Resolusi Desak Gencatan Senjata di Suriah

Jum'at, 09 Desember 2016 - 22:07 WIB
PBB Siapkan Resolusi Desak Gencatan Senjata di Suriah
PBB Siapkan Resolusi Desak Gencatan Senjata di Suriah
A A A
NEW YORK - Majelis Umum PBB tengah bersiap untuk memutuskan rancangan resolusi untuk menuntut gencatan senjata di Suriah. PBB juga mendesak akses untuk bantuan kemanusiaan, dalam keputusan yang dianggap oleh diplomat sedikit terlambat.

Kanada telah merancang naskah resolusi sebagai bagian dari upaya memecahkan kebuntuan atas konflik Suriah di Dewan Keamanan dalam majelis yang dihadiri oleh 193 negara. Majelis Umum diharapkan akan mengadopsi rancangan naskah tidak mengikat itu untuk menuntut penghentian semua serangan terhadap warga sipil dan pencabutan semua pengepungan seperti dikutip dari Al Arabiya, Jumat (9/12/2016).

"Sayangnya, saya kira itu akan sedikit terlambat. Pemungutan suara akan menunjukkan bahwa ada sebagian moral dari negara-negara yang tertekan bahwa melalui serangkaian veto, Dewan Keamanan telah gagal untuk memberikan kesatuan yang diperlukan untuk mengubah situasi di Suriah," sesal Duta Besar Inggris Matthew Rycroft.

Rusia sendiri menolak resolusi itu, dan mengatakan itu akan berdampak pada apa yang terjadi dilapangan. "Untuk berharap bahwa itu akan menghasilkan beberapa jenis situasi terbalik yang dramatis dalam situasi di Suriah tidak realistis," kata Duta Besar Rusia Vitaly Churkin.

Sebelumnya Rusia dan Cina memveto rancangan resolusi Dewan Keamanan yang menyerukan tujuh hari gencatan senjata di Aleppo. Ini adalah keenam kalinya bahwa Moskow, sekutu dekat Presiden Suriah Bashar Assad, telah menggunakan hak vetonya di Dewan untuk memblokir tindakan atas Suriah.

Baca juga:
China-Rusia Veto Resolusi DK PBB Soal Suriah
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4383 seconds (0.1#10.140)