Kisah Mualaf Sinead O'Connor: Semua Studi Kitab Suci Mengarah ke Islam

Kamis, 27 Juli 2023 - 20:13 WIB
loading...
Kisah Mualaf Sinead OConnor: Semua Studi Kitab Suci Mengarah ke Islam
Sinead OConnor mengumumkan dirinya masuk Islam pada tahun 2018. Foto/Ilustrasi: Aljazeera
A A A
Penyanyi Irlandia Sinead O'Connor mengumumkan dirinya masuk Islam pada tahun 2018 dan mengubah namanya menjadi Shuhada' Davitt. Kala itu ia berusia 51 tahun. Pada hari ini, di usia 56 tahun, penyanyi dan penulis lagu ini dipanggil Sang Pencipta.

Pada saat ia masuk Islam , dia menjelaskan tentang nama barunya, Shuhada. Menurutnya, itu berasal dari kata Arab "Shahid", yang dalam kitab suci digunakan secara umum untuk berarti "saksi" dan dalam bagian-bagian tertentu untuk menggambarkan "martir".

Ia memosting selfie dirinya mengenakan jilbab di Twitter. Pada tanggal 19 Oktober Sinead O'Connor menulis di akun Twiternya: “Saya bangga telah menjadi seorang Muslimah. Ini adalah kesimpulan alami dari perjalanan teolog cerdas mana pun. Semua studi kitab suci mengarah ke Islam. Yang membuat semua kitab suci lainnya menjadi mubazir.”



O'Connor meraih kesuksesan luas pada tahun 1990 dengan covernya 'Nothing Compares 2 U', sebuah lagu yang ditulis oleh mendiang Prince.

Kontroversi mengikuti kariernya. Penyanyi itu merobek gambar Paus Yohanes Paulus II selama penampilan Saturday Night Live pada tahun 1992 sebagai protes terhadap Gereja Katolik.

Padahal sebelumnya, yaitu pada akhir 1990-an, dia sempat ditahbiskan menjadi imam oleh Gereja Katolik dan Apostolik Ortodoks Irlandia, yang merupakan kelompok Katolik independen yang tidak bersekutu dengan gereja Katolik arus utama.

Keyakinan dan spiritualitas berlimpah dalam karya O'Connor selama tiga dekade. Dia seringkali mengambil inspirasinya dari berbagai teks spiritual termasuk Alkitab.

Liriknya sering ditulis dari sudut pandang seorang pencari, baik itu untuk cinta, keselamatan, dan penerimaan.



Album eklektiknya tahun 2000, Faith and Courage, membuatnya bergulat dengan keyakinannya di dunia yang semakin sinis.

Dalam pembukaan yang lembut, O'Connor berbisik di atas ketukan elektronik minimal: "I have a universe inside me/ Where I can go and spirit guides me/ There I can ask oh any question/ I get the answers if I listen.

Sementara di atas keyboard yang rimbun di Hold Back the Night, O'Connor bernyanyi "I want to walk into the light/ Day has turned cold/ So hold back the night"

O'Connor lebih berterus terang dalam albumnya tahun 2007 yang digerakkan secara akustik Teologi, kumpulan lagu yang diilhami oleh Mazmur Perjanjian Lama.

If You Had a Vineyard didasarkan pada bagian-bagian dari Yesaya dan Yeremia, sedangkan Whomsoever Dwells berisi lirik dari favoritnya, Mazmur 91.

“Apa pun yang saya katakan tentang agama, saya sebenarnya mencintai agama,” katanya dalam sebuah wawancara dengan situs web Cross Rhythms. “Saya sangat terinspirasi oleh cinta dalam agama yang berbeda dan jadi jika saya mengkritiknya, itu bukan dari sudut tidak menyukainya - Anda tahu maksud saya? Tapi saya pikir kadang-kadang sifat dari karakter Tuhan dapat digambarkan mungkin tidak akurat, dengan cara yang bisa membuat banyak orang kecewa.”



Pencarian O'Connor akan kedamaian batin, yang dia bicarakan dalam pekerjaannya dan yang menghindari sebagian besar hidupnya yang bermasalah, mulai membuahkan hasil di albumnya, I'm Not Bossy, I'm the Boss.

Dirilis pada tahun 2014, itu adalah koleksi lagunya yang paling optimis dan sigap dalam satu dekade dengan tema liris tentang cinta diri dan penebusan. Ini paling baik dikemas dalam single ramah radionya, Bawa Aku ke Gereja, di mana, sambil mengemudikan gitar, dia menyatakan visi artistik yang baru ditemukan.

I'm gonna sing songs of loving and forgiving/ Songs of eating and of drinking/ Songs of living, songs of calling in the night/ Cause' songs are like a bolt of light/ And love's the only love you should invite.”
Halaman :
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1361 seconds (0.1#10.140)