Temui Rouhani, Ketua MPR Bahas Pengembangan Kerjasama RI-Iran

Rabu, 07 Desember 2016 - 14:30 WIB
Temui Rouhani, Ketua MPR Bahas Pengembangan Kerjasama RI-Iran
Temui Rouhani, Ketua MPR Bahas Pengembangan Kerjasama RI-Iran
A A A
TEHERAN - Ketua MPR RI, Zulkifli Hasan dilaporkan telah melakukan pertemuan dengan Presiden Iran Hassan Rouhani di Teheran. Pertemuan itu diketahui berlangsung pada Selasa (6/12) waktu Iran.
Pertemuan antara Zulkifli dan Rouhani ini merupakan bagian dari kunjungan kerja MPR RI ke Iran. Dimana, sebelumnya Zulkifli dan delegasi MPR telah terlebih dahulu melakukan pertemuan dengan Parlemen Iran.
Menurut keterangan Kedutaan Besar Indonesia di Teheran yang diterima Sindonews pada Rabu (7/12), Rouhani dalam sambutannya menyampaikan pentingnya peningkatan hubungan bilateral antara kedua negara di segala bidang, termasuk hubungan antar parlemen dan masyarakat kedua negara.
Rouhani menyambut baik kunjungan Ketua MPR RI ke Teheran dan berharap kunjungan ini dapat memperkuat hubungan kedua negara, terutama kerja sama antar Parlemen.
"Di bidang ekonomi, Presiden Rouhani menekankan perlunya dukungan perbankan kedua negara untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dan perdagangan. Presiden Rouhani mengajak Indonesia untuk meningkatkan kerja sama dalam upaya memberantas terorisme, radikalisme dan memberikan gambaran Islam sebagai agama yang toleran," kata KBRI Teheran.
Sementara itu, pada gilirannya Zulfikli menyampaikan, Indonesia selalu mengutamakan prinsip saling menghormati dan kerja sama antar penganut agama. Kerja sama harus mengedepankan persamaan, bukan perbedaan.
Oleh karena itu, lanjut Zulkifli, sebagai negara dengan mayoritas penduduk muslim terbesar, Indonesia siap menjalin kerja sama, terlebih lagi dengan negara-negara Muslim untuk memerangi radikalisme dan terorisme yang mengatasnamakan Islam. Lebih lanjut, dia menyampaikan harapan hubungan politik kedua negara yang telah terjalin dengan baik dapat menghasilkan kerja sama yang lebih konkret, khususnya di bidang ekonomi dan perdagangan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4746 seconds (0.1#10.140)