Kali Pertama Dalam Sejarah, PM Jepang Akan Kunjungi Pearl Harbor

Selasa, 06 Desember 2016 - 01:35 WIB
Kali Pertama Dalam Sejarah, PM Jepang Akan Kunjungi Pearl Harbor
Kali Pertama Dalam Sejarah, PM Jepang Akan Kunjungi Pearl Harbor
A A A
TOKYO - Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe berencana mengunjungi Pearl Harbor pada akhir bulan ini. Kunjungan ini menjadi sangat bersejarah, karena Abe akan menjadi PM Jepang pertama yang bertandang ke Pearl Harbor, setelah pertempuran dahsyat di Perang Dunia II, 75 tahun silam. Dalam lawatan ini, Abe akan didampingi oleh Presiden AS Barack Obama.

Serangan pesawat-pesawat pembom Jepang ke pelabuhan Pearl Harbor di Hawaii, jadi pemicu terlibatnya AS dalam Perang Dunia II di kawasan Asia Pasifik. Serangan mendadak Jepang pada 7 Desember 1941 itu menghancurkan armada AS yang berada di Pearl Harbor. Ribuan tentara AS tewas dalam serangan tak terduga ini.

"Ini akan menjadi kunjungan untuk menghormati jiwa para korban," kata Abe kepada wartawan, seperti dikutip dari Reuters, Senin (5/12). "Saya ingin menunjukkan kepada dunia, bahwa kengerian perang tidak boleh terulang," lanjutnya.

Kunjungan yang dirancang pada 26-27 Desember mendatang ini berselang tujuh bulan dari lawatan Obama ke Hiroshima, kota yang hancur akibat bom atom yang dijatuhkan AS pada Agustus 1945. Obama sendiri menjadi Presiden AS pertama yang mengunjungi Hiroshima.

Gedung Putih mengatakan, kunjungan Abe ke Pearl Harbor menggambarkan kekuatan aliansi antara dua negara yang pernah menjadi musuh dalam Perang Dunia II. "Kunjungan kedua pemimpin menampilkan kekuatan rekonsiliasi yang telah mengubah mantan musuh menjadi sekutu dekat, disatukan oleh kepentingan bersama dan berbagi nilai-nilai," kata Gedung Putih dalam sebuah pernyataan.
(esn)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5461 seconds (0.1#10.140)