Ganjar Wujudkan Kemudahan Akses Air Bersih Warga Desa Plumbungan Banjarnegara

Rabu, 26 Juli 2023 - 10:04 WIB
loading...
Ganjar Wujudkan Kemudahan Akses Air Bersih Warga Desa Plumbungan Banjarnegara
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengecek akses air bersih di Desa Plumbungan, Kecamatan Pagentan, Kabupaten Banjarnegara. Foto/Dok Pemprov Jateng
A A A
BANJARNEGARA - Warga Desa Plumbungan, Kecamatan Pagentan, Kabupaten Banjarnegara tak mampu menyembunyikan raut wajah bahagia saat Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo berkunjung di desanya, Selasa (25/7/2023).

Kehadiran Bacapres Partai Perindo itu untuk meninjau bantuan pembangunan sistem penyediaan air minum (SPAM). Sebelumnya, bertahun-tahun warga setempat harus menempuh jarak ratusan meter untuk mendapatkan air bersih.

Bantuan yang bersumber dari APBD Provinsi Jawa Tengah pada 2023 senilai Rp350 juta itu telah mewujudkan impian warga untuk mudah mendapatkan air bersih. Bahkan, air bersih telah mengalir melalui pipa di masing-masing rumah warga.

”Sebenarnya di beberapa tempat kan memang kesulitan air bersih, maka kami cari bagaimana bisa mandiri. Yang pertama kami cari sumber mata air seperti di desa ini, ternyata jarak 500 meter ada sumber mata air,” ujar Ganjar.



Setelah ditemukan sumber mata air, selanjutnya pemerintah memberikan bantuan agar warga bisa memanfaatkan dengan baik.

”Maka kami berikan bantuan dari Pemprov kemudian kami tarik ke desa dan beberapa RT bisa mendapatkan air bersih. Sebelumnya, masyarakat ‘ngangsu’ ambil air di bawah. Dengan ini, harapan kami air bersihnya terjamin dan bisa jauh lebih bagus,” lanjutnya.

Bantuan di Desa Plumbungan mampu memenuhi kebutuhan air bersih untuk sekitar 80 kepala keluarga. ”Tinggal beberapa kepala keluarga yang belum, dari pihak desa bisa meneruskan, kabupaten bisa meneruskan,” paparnya.



Ganjar yang dikenal sebagai sosok pemimpin muda, energetik, merakyat, berprestasi, berpengalaman dan family man itu, mengimbau agar daerah kawasan hutan yang masih terdapat banyak sumber mata air untuk dapat dikonservasi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1476 seconds (0.1#10.140)