Jepang Bakal Jatuhkan Sanksi Tambahan untuk Korut

Jum'at, 02 Desember 2016 - 13:19 WIB
Jepang Bakal Jatuhkan Sanksi Tambahan untuk Korut
Jepang Bakal Jatuhkan Sanksi Tambahan untuk Korut
A A A
TOKYO - Jepang akan menjatuhkan sanksi tambahan terhadap Korea Utara (Korut) setelah melakukan uji coba nuklir kelima pada September lalu. Jepang juga mempertimbangkan langkah-langkah lebih lanjut tergantung pada tindakan Pyongyang.

"Jepang akan memperluas daftar orang yang dilarang memasuki kembali Jepang setelah mengunjungi Korut, selain itu juga melarang semua kapal yang telah bersandar di pelabuhan Korut," kata Sekretaris Kabinet Jepang Yoshihide Suga, dikutip dari Reuters, Jumat (2/12/2016).

Tidak berhenti sampai disitu, Suga juga mengatakan bahwa Tokyo juga akan membekukan aset sejumlah kelompok dan individu yang terkait dengan pengembangan nuklir dan rudal Pyongyang.

Keputusan Jepang ini datang setelah Dewan Keamanan PBB menjatuhkan sanksi baru terhadap Korut pada pekan ini, bertujuan untuk memotong pendapatan ekspor tahunan sebesar seperempat.

Sanksi terbaru yang dijatuhkan DK PBB disebut sebagai sanksi paling keras yang pernah diterapkan kepada Korut atas uji coba nuklir kelimanya yang dilakukan pada bulan September lalu.
(ian)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6106 seconds (0.1#10.140)