alexa snippet

Krisis Dukungan, Hollande Tak Mau Jadi Presiden Prancis Lagi

Krisis Dukungan, Hollande Tak Mau Jadi Presiden Prancis Lagi
Presiden Prancis Francois Hollande memutuskan tidak akan maju dalam pilpres 2017. Foto / REUTERS / Lionel Bonaventure
A+ A-
PARIS - Presiden Prancis Francois Hollande mengatakan bahwa dia tidak akan maju dalam pemilihan presiden (pilpres) Prancis 2017 untuk menjadi presiden periode kedua. Hollande sadar diri bahwa dukungannya untuk ikut pilpres minim.

”Saya menyadari risiko kurangnya dukungan yang cukup yang diperlukan, jadi saya telah memutuskan untuk tidak menjadi calon (presiden) dalam pemilihan presiden,” kata Hollande dalam pidato yang disiarkan stasiun televisi Prancis, Kamis sore.

”Dalam beberapa bulan mendatang, tugas saya adalah untuk terus memimpin negara sesuai dengan mandat. Anda memilih saya pada tahun 2012,” ujarnya.

Dalam pidatonya di Istana Elysee, Hollande ingat dengan janji dan komitmen yang dia buat selama kampanye pilpres 2012 silam. Dia mengakui ada kesalahan yang dia buat, termasuk rencana untuk mencabut kewarganegaraan ganda bagi tersangka teroris yang hanya menyebabkan perpecahan di negaranya.

Hollande adalah Presiden Prancis yang tidak populer sejauh ini, dengan jajak pendapat menyatakan bahwa dia tidak akan bisa melawan rivalnya, Francois Fillon, dari partai sayap kanan Les Republicains, dan Marine Le-Pen, dari partai sayap kanan Front Nationale (FN).

Menanggapi keputusan Hollande yang tidak mencalonkan diri untuk masa jabatan kedua, Fillon mengatakan bahwa hal itu menggarisbawahi kegagalan Presiden Hollande.

”Malam ini, presiden republik jelas mengakui kegagalannya yang melarang dia untuk melangkah lebih jauh,” kata Fillon dalam pernyataan tertulis, seperti dikutip Russia Today, Jumat (2/12/2016). ”Periode lima tahun ini berakhir dalam kekacauan politik dan runtuhnya kekuasaan,” lanjut dia.

Perdana Menteri Prancis Manuell Valls menyambut keputusan Presiden Hollande. ”Ini adalah keputusan seorang negarawan,” katanya.



(mas)
dibaca 6.436x
loading gif
Top