alexa snippet

Proses Suksesi Kerajaan Thailand Dimulai

Proses Suksesi Kerajaan Thailand Dimulai
FOTO/GRAFIS KORAN SINDO
A+ A-
BANGKOK - Parlemen Thailand secara formal memulai proses suksesi Kerajaan Thailand dengan mengundang Putra Mahkota Pangeran Vajiralongkorn untuk menjadi raja baru.

Presiden Dewan Legislatif Nasional (NLA) Pornpetch Wichitcholchai mengungkapkan, parlemen akan mengundang putra mahkota agar naik takhta. Sesuai dengan prosedur, ketua parlemen secara formal mengundang putra mahkota untuk menjadi raja sebelum mengumumkan raja baru kepada publik. “Saya akan mengundang Putra Mahkota Maha Vajiralongkorn untuk bertakhta dan menjadi raja bagi rakyat Thailand,” kata Pornpetch.

“Keputusan itu setelah kabinet pemerintah secara formal meminta parlemen untuk memulai proses penunjukan raja baru,” katanya dilansir Reuters. Deputi Perdana Menteri (PM) Thailand Prawit Wongsuwon mengungkapkan, sekretaris PM telah memberitahukan NLA perihal undangan putra mahkota tersebut. Putra mahkota akan menerima undangan parlemen yang menunjuknya sebagai raja baru Thailand.

“Kita memperkirakan pertemuan dengan putra mahkota akan dilaksanakan dua hingga tiga hari mendatang,” kata Prawit Wongsuwan yang juga menjabat sebagai Menteri Pertahanan. Kemudian, dua sumber pejabat militer menyatakan Putra Mahkota Vajiralongkorn terbang ke Bangkok dari Jerman pada hari ini. Itu sebagai sinyal kalau proses suksesi memang agak segera digelar di Bangkok. Selama ini Vajiralongkorn memang memiliki rumah di Jerman dan kerap tinggal di sana dalam waktu yang lama.

Pada Selasa (29/11) lalu para menteri kabinet menggelar pertemuan yang tidak biasa di kantor pemerintahan. Prayuth yang berkuasa dengan menggulingkan pemerintahan terpilih pada kudeta 2014 menyatakan, periode setahun duka bagi Raja Bhumibol tidak akan berdampak pada pemilu yang dijanjikan akan digelar pada 2017.

Militer secara tradisional mencitrakan diri mereka sebagai pembela kerajaan itu diperkirakan akan tetap menjadi pihak yang menentukan pemenang pemilu 2017. Al Jazeera melaporkan proses penobatan raja akan memerlukan waktu selama beberapa hari sebelum raja baru diumumkan.

“Nama putra mahkota diajukan sebagai raja mendatang Thailand, setelah langkah tersebut, surat dikirim ke parlemen dan ketua parlemen akan mengundang putra mahkota untuk melakukan audiensi,” demikian laporan Al Jazeera .

Proses audiensi diperkirakan akan dilaksanakan pada besok. Penobatan raja baru Thailand menyusul Bhumibol Adulyadej meninggal dunia pada 13 Oktober lalu. Raja yang naik takhta pada 1946 meninggal karena sakit. Pangeran yang nantinya akan dikenal sebagai Raja Rama X atau raja ke-10 Dinasti Chakri yang berusia 234 tahun itu secara formal akan resmi menjabat setelah jenazah ayahnya dikremasi.

Pelaksanaan kremasi Raja Bhumibol akan dilaksanakan pada tahun depan. Pemerintah Thailand mengungkapkan, persiapan kremasi telah dilaksanakan. Sekitar 8.000 orang diperkirakan akan terlibat dalam upacara kremasi tersebut.

Pangeran Vajiralongkorn tidak berbicara di depan publik selepas kematian ayahnya. Rencana naik takhtanya juga dikabarkan langsung oleh pemerintah. PM Prayuth Chan Ocha bulan lalu mengungkapkan, Pangeran telah meminta penundaan suksesi untuk menghormati kesedihan publik.

dibaca 8.000x
halaman ke-1 dari 2
loading gif
Top