alexa snippet

Masjid di AS Dikirimi Surat Ancaman Pembantaian Muslim seperti Yahudi

Masjid di AS Dikirimi Surat Ancaman Pembantaian Muslim seperti Yahudi
Umat Muslim saat salat di Masjid King Fahad, di California. Foto / REUTERS / Lucy Nicholson
A+ A-
LOS ANGELES - Pihak berwenang di Los Angeles, Amerika Serikat (AS) sedang memburu penulis serangkaian surat ancaman yang dikirim ke sejumlah masjid. Surat itu berisi ancaman pembantaian terhadap kaum Muslim seperti pembantaian kaum Yahudi oleh rezim Hitler di masa lalu.

Surat-surat kebencian itu, seperti yang tertulis, ditujukan kepada “Children of Satan”. Si penulis yang masih misterius juga menghina warga Muslim dengan menyebutnya sebagai orang keji.

“Bersumpah akan melakukan pada Muslim Anda, seperti apa yang Hitler lakukan kepada orang-orang Yahudi,” bunyi surat tersebut. Ada tiga masjid di California dan satu masjid di Georgia yang menerima surat ancaman itu.

Dewan Hubungan Amerika-Islam (CAIR), sebuah organisasi advokasi untuk Muslim di AS yang mengutip isi surat ancaman itu mengatakan bahwa penulis surat mengklaim sebagai pendukung presiden terpilih AS Donald Trump.

”Hari perhitungan Anda telah tiba,” bunyi surat yang dibacakan CAIR.”Ada sheriff baru di kota—Presiden Donald Trump. Dia akan membersihkan Amerika dan membuatnya bersinar lagi. Dan, dia akan mulai dengan Muslim Anda,” lanjut surat itu.

Penulis juga menandatangani surat berjudul ”Americans for a Better Way” tersebut. Hingga saat ini, polisi belum mengkonfirmasi apakah penulis surat-surat ancaman itu telah ditemukan atau belum.

Anehnya, meski surat tulisan tangan yang menggunakan “bahasa mengerikan” ini terang-terangan mengandung ancaman, namun Stephen Woolery, kepala divisi kontraterorisme FBI di Los Angeles, menyatakan sebaliknya. Menurutnya, surat-surat itu tidak mengandung ancaman spesifik sehingga dianggap bukan kejahatan rasial.

Kendati demikian, Woolery meminta warga melapor jika menerima surat serupa. ”Saya akan mendorong Anda, masyarakat, bahwa jika Anda menerima surat seperti ini, tolong laporkan,” ujarnya pada konferensi pers di Islamic Center of Southern California bersama pejabat polisi dan pemimpin agama.

”Kami tahu bahwa ada di bawah pelaporan dalam sejumlah kejahatan yang terjadi,” ujarnya, seperti dikutip Los Angeles Times, semalam (29/11/2016). Wakil Kepala Polisi Los Angeles Michael Downing mengatakan dua dari surat yang dikirim ke masjid di California bercap pos 19 November.

FBI pada awal bulan ini melaporkan bahwa kejahatan kebencian terhadap Muslim di AS melonjak 67 persen pada tahun ini. Angka itu merupakan yang tertinggi setelah serangan teror 11 September 2001.



(mas)
dibaca 15.333x
loading gif
Top