alexa snippet

Tari Holocaust Istri Jubir Putin Bikin Israel Marah

Tari Holocaust Istri Jubir Putin Bikin Israel Marah
Tatiana Navka (kanan), istri juru bicara Presiden Vladimir Putin dengan pasangan tarinya mementaskan tari bertema Holocaust yang membuat Israel marah. Foto / CBC
A+ A-
MOSKOW - Atlet  ice dancing Rusia peraih medali emas Olimpiade, Tatiana Navka, 41, mementaskan pembantaian umat Yahudi di kamp-kamp Nazi atau Holocaust dalam sebuah tarian. Tindakan istri juru bicara (jubir) Presiden Rusia Vladmir Putin, Dmitry Peskov, ini memicu kemarahan banyak pihak terutama pemerintah Israel.

Navka mementaskan tarian Holocaust itu dengan pasangan tarinya, Andrei Burkovsky, 33, dalam program “Ice Age” yang disiarkan stasiun televisi yang dikelola pemerintah Rusia, Channel One, pada Sabtu pekan lalu. Dalam tarian itu, Navka dan Burkovsky  mengenakan seragam bergaris bantalan dengan bintang kuning untuk terlihat memar dan lemah.

Sejak tayangan tariannya muncul di televisi, akun Instagram Navka dibanjiri komentar marah. Navka mengatakan kepada media Rusia pada hari Minggu bahwa tariannya itu justru sebagai penghormatan kepada korban Holocaust.

Namun, pemerintah Israel marah dengan alasan tragedi Holocaust tak layak dipermainkan. ”Motif dari Holocaust bukan untuk pesta, bukan untuk tari dan bukan untuk reality (TV),” kata Menteri Kebudayaan Israel Miri Regev kepada Army Radio Israel.

”Bukan salah satu dari 6 juta (orang) menari dan kamp konsentrasi bukan sebuah kamp musim panas,” ujar Regev, mengacu pada jumlah korban tewas warga Yahudi dalam peristiwa Holocaust.

Sementara itu, Peskov mengatakan bahwa tarian istrinya bukan untuk dikomentari Kremlin. ”Saya bangga dengan istri saya, ini adalah semua yang bisa saya katakana,” ujarnya, seperti dikutip Fox News, Selasa (29/11/2016).

Kendati demikian, sejumlah warga Rusia marah dengan tarian Navka yang mereka anggap sebagai olok-olokan dari memori orang yang meninggal.



(mas)
dibaca 46.274x
loading gif
Top