alexa snippet

Rouhani Dorong Kerja Sama dengan Turki untuk Stabilitas Kawasan

Rouhani Dorong Kerja Sama dengan Turki untuk Stabilitas Kawasan
Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan kerja sama Iran-Turki dapat menyelesaikan isu-isu regional. Foto/Istimewa
A+ A-
TEHERAN - Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan stabilitas dan keamanan di kawasan, khususnya di Suriah dan Irak, dapat menjadi dasar interaksi antara Teheran dan Ankara. Hal itu diungkapkannya saat bertemu dengan Menteri Luar Negeri Turki, Mevlut Cavusoglu.

"Sekarang kawasan tengah berada dalam titik sensitif, dorongan kerjasama dan dialog antara Teheran dan Ankara dapat membantu menyelesaikan masalah regional," kata Rouhani seperti dikutip dari Xinhua, Minggu (26/11/2016).

"Untungnya, Iran dan Turki menikmati hubungan persahabatan, yang menjanjikan untuk pengembangan lebih lanjut dari kerjasama masa depan. Jika negara-negara regional tetap bersama, masalah di Irak dan Suriah akan diselesaikan tanpa memerlukan kekuatan luar," katanya lagi.

Rouhani menekankan bahwa negara-negara regional harus bekerja demi kedaulatan dan persatuan nasional Irak dan Suriah. Menurutnya, pembentukan pemerintahan di kedua negara harus atas dasar suara rakyat dan mencegah kerusakan infrastruktur serta pembantaian orang-orang.

Sementara itu, Cavusoglu memuji peran "konstruktif" Iran dalam memerangi terorisme dan bekerja untuk perdamaian global. Ia juga mengatakan bahwa integritas teritorial dan persatuan nasional rakyat Suriah dan Irak berada dalam kepentingan Teheran dan Ankara.

"Negara-negara barat tidak memikirkan isu-isu regional demi kepentingan mereka sendiri," katanya sembari menambahkan bahwa pembentukan gencatan senjata di Suriah, memerangi terorisme dan menemukan solusi politik kebutuhan mendesak untuk Suriah.

Dia juga menyerukan peningkatan hubungan multidimensi antara Iran dan Turki.



(ian)
dibaca 10.136x
loading gif
Top