alexa snippet

Castro Wafat, UE Sampaikan Ucapan Duka Cita kepada Kuba

Castro Wafat, UE Sampaikan Ucapan Duka Cita kepada Kuba
Uni Eropa menyampaikan rasa duka cita kepada Kuba atas meninggalnya Fidel Castro. Foto/Istimewa
A+ A-
BRUSSELS - Kepala urusan luar negeri Uni Eropa (UE) memuji pentingnya sejarah pemimpin revolusioner Kuba, Fidel Castro. UE pun mengatakan hubungan blok itu dengan Kuba akan terus ditingkatkan.

"Fidel Castro adalah seorang pria yang mempunyai tekad dan seorang tokoh sejarah," kata Federica Mogherini. Ia menambahkan bahwa kematiannya datang ketika Kuba menghadapi perubahan besar dan pada saat ketidakpastian global seperti dikutip dari Reuters, Minggu (27/11/2016).

Hubungan UE-Kuba yang diluncurkan kembali dengan kesepakatan dialog politik dan kerja sama musim semi lalu sebagaimana saudara Fidel, Raul Castro, mengejar kebijakan tentang perbaikan hubungan dengan Barat.

Fidel Castro meninggal dunia pada Jumat lalu dalam usia 90 tahun. Kabar kematiannya diungkapkan langsung oleh adiknya yang kini menjabat sebagai pemimpin Kuba, Raul Castro, lewat stasiun televisi milik negara.

Fidel Castro berkuasa di Kuba sejak 1959 hingga 2006 setelah melakukan pemberontakan terhadap diktator  Fulgencio Batista. Ia menyerahkan kursi kekuasaan kepada adiknya setelah menderita sakit di bagian pencernaan.



(ian)
dibaca 6.817x
loading gif
Top