alexa snippet

Rusia Protes Rencana Ukraina Tembakkan Rudal di Atas Perairan Crimea

Rusia Protes Rencana Ukraina Tembakkan Rudal di Atas Perairan Crimea
Rusia memprotes rencana Ukraina menembakkan rudal di atas wilayah perairan Ukraina. Foto/Istimewa
A+ A-
MOSKOW - Rusia memprotes rencana militer Ukraina militer untuk menembakkan rudal di atas wilayah perairan Crimea di Laut Hitam. Rusia menyebut Ukraina memutuskan rencananya tersebut secara sepihak.

Badan Federal Rusia untuk Transportasi Udara (Rosaviatsiya) dalam sebuah pernyataan mengatakan Ukraina berniat melakukan latihan menembakan rudal di wilayah udara Rusia dekat Crimea. "Dalam pelanggaran semua perjanjian internasional, Ukraina secara sepihak memutuskan untuk mengadakan latihan menembakan rudal di wilayah udara negara Rusia, dekat Simferopol," kata Rosaviatsia seperti dikutip dari Sputniknews, Sabtu (26/11/2016).

Menurut Rusia, latihan menembakkan rudal tersebut akan berlangsung pada 1-2 Desember pukul 08.00-18.00 waktu setempat. Mereka akan memperpanjang latihan ke wilayah udara sipil Rusia dan merupakan ancaman terhadap keselamatan penerbangan.

Kementerian Pertahanan Rusia secara spesifik menduga latihan tersebut akan diadakan di sebelah barat pantai semenanjung Krimea. Latihan ini disebut latihan ilegal dan memanggil atase pertahanan Ukraina untuk menyerahkan nota protes.

Sebuah peringatan juga telah diajukan oleh Rosaviatsia melalui juru bicaranya, Sergei Izvolsky. Izvolsky mengatakan keputusan sepihak Kiev melanggar prinsip-prinsip dasar penerbangan sipil yang memerlukan koordinasi sebelumnya dan penutupan wilayah udara dengan negara-negara yang berbatasan.

Sementara itu staf juru bicara Ukraina Vladyslav Selezniov dan otoritas penerbangan nasional Ukraerorukh menolak untuk mengomentari latihan perang yang akan datang tersebut.



(ian)
dibaca 30.181x
loading gif
Top